The Elements of e-Government Success in Public Services at Bekasi Regency Using the “SP4N LAPOR”

Authors

  • Gun Gun Gumilar University of Singaperbangsa Karawang, Karawang Regency, Indonesia
  • Dhea Desita Delistiana University of Singaperbangsa Karawang, Karawang Regency, Indonesia
  • Hanny Purnamasari University of Singaperbangsa Karawang, Karawang Regency, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33701/jtp.v13i2.1503

Keywords:

Elemen sukses, E-government, Kabupaten Bekasi, Pelayanan Publik, SP4N LAPOR

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian Delistiana dkk mengenai pengelolaan SP4N LAPOR di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menarik karena masih adanya permasalahan dalam penerapan aplikasi LAPOR di Kapupaten Bekasi meliputi masih kurangnya sarana prasarana, SDM pengelola, kurangnya sosialisasi, dan aksesibilitas. Peneliti mencoba menggunakan sudut pandang pengukuran yang berbeda dalam pencapaian tujuan penelitian “sejauh mana keberhasilan program SP4N LAPOR  di Kabupaten Bekasi”. Pendekatan penelitian masih tetap menggunakan analisis deskriptif, akan tetapi pisau analisis menggunakan analisis elemen sukses e-government yang dikemukaan oleh Indrajid, dimana sebelumnya menggunakan teori manajemen yang dikemukakan George R Terry.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa SP4N LAPOR di Kabupaten Bekasi belum berhasil diterapkan secara maksimal dikarenakan pengukuran dari ketiga elemen suksesnya penerapan e-government mulai dari support, capacity dan Value menunjukkan hasil yang kurang.  Adapun saran dari penelitian ini antara lain perlunya percepatan penerapan SP4N LAPOR pada seluruh instansi di Kabupaten Bekasi, peningkatan kompetensi SDM para pelaksana SP4N LAPOR, pemerataan dan peningkatan intensifitas sosialisasi terhadap masyarakat.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

Jan 19, 2022

How to Cite

Gumilar, G. G., Delistiana, D. D., & Purnamasari, H. (2022). The Elements of e-Government Success in Public Services at Bekasi Regency Using the “SP4N LAPOR”. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 13(2), 94–104. https://doi.org/10.33701/jtp.v13i2.1503