The Elements of e-Government Success in Public Services at Bekasi Regency Using the “SP4N LAPOR”

  • Gun Gun Gumilar University of Singaperbangsa Karawang, Karawang Regency, Indonesia
  • Dhea Desita Delistiana University of Singaperbangsa Karawang, Karawang Regency, Indonesia
  • Hanny Purnamasari University of Singaperbangsa Karawang, Karawang Regency, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##: https://doi.org/10.33701/jtp.v13i2.1503
Keywords: Elemen sukses, E-government, Kabupaten Bekasi, Pelayanan Publik, SP4N LAPOR

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian Delistiana dkk mengenai pengelolaan SP4N LAPOR di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menarik karena masih adanya permasalahan dalam penerapan aplikasi LAPOR di Kapupaten Bekasi meliputi masih kurangnya sarana prasarana, SDM pengelola, kurangnya sosialisasi, dan aksesibilitas. Peneliti mencoba menggunakan sudut pandang pengukuran yang berbeda dalam pencapaian tujuan penelitian “sejauh mana keberhasilan program SP4N LAPOR  di Kabupaten Bekasi”. Pendekatan penelitian masih tetap menggunakan analisis deskriptif, akan tetapi pisau analisis menggunakan analisis elemen sukses e-government yang dikemukaan oleh Indrajid, dimana sebelumnya menggunakan teori manajemen yang dikemukakan George R Terry.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa SP4N LAPOR di Kabupaten Bekasi belum berhasil diterapkan secara maksimal dikarenakan pengukuran dari ketiga elemen suksesnya penerapan e-government mulai dari support, capacity dan Value menunjukkan hasil yang kurang.  Adapun saran dari penelitian ini antara lain perlunya percepatan penerapan SP4N LAPOR pada seluruh instansi di Kabupaten Bekasi, peningkatan kompetensi SDM para pelaksana SP4N LAPOR, pemerataan dan peningkatan intensifitas sosialisasi terhadap masyarakat.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, S. N. (2021). Evaluasi sistem Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Kantor Kecamatan Cibiru Kota Bandung [UIN Sunan Gunung Djati Bandung]. http://digilib.uinsgd.ac.id/46517/

Anindita, N. (2016). Elemen Sukses E-Government: Studi Kasus Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Kota Bandung [Universitas Katholik Parahyangan]. https://123dok.com/document/zkegg38z-skripsi-nataya-unpar.html

Aziz, F. N., Mubin, F., Hidayat, R. J. P., Nurjaman, A., Romadhan, A. A., Sulistyaningsih, T., & Hijri, Y. S. (2021). Bagaimana Teknologi Informasi dan Komunikasi Bertransformasi Menjadi Inovasi Pelayanan Publik? PERSPEKTIF, 10(2), 616–626. http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/article/view/4905

Creswell. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Delistiana, D. D., Purnamasari, H., & ... (2020). Manajemen Penerapan SP4N LAPOR! Dalam Pelayanan Publik di Kabupaten Bekasi. Gorontalo Journal of Government and Political Studies, 3(2). DOI: 10.32662/gjgops.v3i2.1152

Fauzan, M. R. (2021). Manajemen Public Relations mengenai pelayanan SP4N LAPOR Provinsi Jawa Barat: Studi deskriptif Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat. http://digilib.uinsgd.ac.id/43554/

Gultom, A. (2020). Why SP4N-LAPOR!, as a Promising National Complaint-handling System in Indonesia, is yet to function optimally in curbing authority abuse practices in Indonesia. [Flinders University). https://theses.flinders.edu.au/view/58677144-5fc6-481b-be00-71fc937a215b/1

Haspo, L. N. A., & Frinaldi, A. (2020). Penerapan Aplikasi SP4N-LAPOR Dalam Manajemen Pengaduan Masyarakat di Kota Solok. Jurnal Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik, 2(2). http://jmiap.ppj.unp.ac.id/index.php/jmiap/article/view/122

Hernita, S. (2018). Meningkatkan Kinerja Pelayanan Birokrasi Pemerintahan Melalui Penguasaan Teknologi Informasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 57–65. DOI:https://doi.org/10.33096/jmb.v5i2.59

Indrajit, R. E. (2016). Electronic Government Modul Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi dan Kualifikasi Kerja. Preinexus.

Iqbal, M., & Virginia, C. Y. (2020). The Behavior of Using Online System of Public Aspirations and Complaints Service (LAPOR) in Mataram City. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 12(2), 125–140. DOI: https://doi.org/10.33701/jtp.v12i2.947

Jayanti, A., & Wijaya, F. K. (2020). Analisis Usability pada Aplikasi SP4N LAPOR! Menggunakan Metode USE Questionnaire (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 3(1). http://semnas.radenfatah.ac.id/index.php/semnasfst/article/view/97

KemenpanRB. (2021). Buku Panduan Untuk Penyelenggara dan Administrator Pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota: Adopsi dan Integrasi LAPOR! - SP4N Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik. https://konfirmasi.menpan.go.id/dokumen/FINAL-Manual%20Buku%20Panduan%20LAPOR!-SP4N-Hires%20(4).pdf

Majid, J. (2021). Kontribusi Teori Contigency: Upaya Mewujudkan Good Governance Melalui E-Government di Indonesia. ASSET, 11(2), 186–205. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/assets/article/view/23810

Pambayun, K. G. (2017). Analisis Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Politik Pemerintahan Dharma Praja, 10(1), 97–108. https://doi.org/10.33701/jppdp.v10i1.385

Pemkab Bekasi. (2019). SK Bupati Bekasi Nomor 060/kep.224-org/2019 Tentang Pengelolaan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional di Kabupaten Bekasi. Bupati Bekasi. https://www.bekasikab.go.id/

Putrijanti, A., & Jasnasari, A. N. (2021). Perkembangan Asas Umum Pemerintahan yang Baik di Kecamatan Gringsing untuk Meningkatkan Penyelenggaraan Pemerintahan. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 3(2). https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/7719/0

Sitoresmi, S. (2013). Efektivitas Sistem Informasi layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Pada Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pengendalian Pembangunan (UKP4). https://text-id.123dok.com/document/zln33mrq-efektivitas-sistem-informasi-layanan-aspirasi-dan-pengaduan-online-rakyat-lapor-pada-unit-kerja-presiden-bidang-pengawasan-dan-pengendalian-pembangunan-uk4p.html

Wicaksono, Y. K. (2020). Peran Warga Negara dalam Partisipasi Politik di Era Digital melalui SP4N-LAPOR!. JESS: Jurnal Education Social Science. 1 (1). https://doi.org/10.21274/jess.v1i1.5358

Wiguna, I. M. U. J., & Gorda, A. A. N. E. S. (2021). Menakar Aspirasi Pengaduan Online Rakyat di Bali (Studi pada Pemerintah Kabupaten Badung). Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 9(2), 234–250. DOI : https://doi.org/10.30656/sawala.v9i2.4064

Published
2022-01-19
How to Cite
Gumilar, G., Delistiana, D., & Purnamasari, H. (2022). The Elements of e-Government Success in Public Services at Bekasi Regency Using the “SP4N LAPOR”. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 13(2), 94-104. https://doi.org/10.33701/jtp.v13i2.1503