Strategies to Increase Civil Servant Apparatus Professionalism Index in Personnel Management: A Case Study in Cirebon District Government
Abstract
Abstract
Personnel Management, also known as Human Resource Management (HRM) is an essential factor in an organization as it significantly influences developmental success and the attainment of organizational objectives. A key indicator of effective HRM is the high value of employee professionalism, which can be measured through qualifications, competencies, performance, and discipline. Management of civil servant (ASN) in the Cirebon Regency Government, overseen by Civil Service and Human Resources Development Agency (BKPSDM), faces several challenges in its implementation. Currently, a predominant issue is the absence of a standardized and measurable competence assessment. This deficiency resulted in the failure to meet the 2021 professionalism target for ASN in the Cirebon Regency Government, achieving only 39 out of the targeted professionalism index of 62 (where 39 is considered poor). This situation is undoubtedly related to the absence of structured talent management and a clear progression framework, as mandated by Law No. 5 of 2014 regarding ASN. The law states that promotions should be based on an objective comparison of qualifications, competencies, leadership, creativity, teamwork, job performance assessments, and input from ASN performance appraisal team in government institutions, free from discrimination based on ethnicity, race, religion, group, or gender. Moreover, government Regulation No. 11 of 2017 stipulates that ASN should possess managerial, socio-cultural, and technical competencies in accordance with established job competency standards. To effectively address these issues, a qualitative descriptive method was adopted. Moreover, data obtained through interviews, observations, and policies were analyzed using the SWOT analysis theory.
Keywords: Civil Servant Apparatus Professionalism Index; Personnel Management; Strategies
Abstrak
Manajemen Kepegawaian atau yang disebut juga Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan faktor strategis dalam suatu organisasi, karena merupakan penentu keberhasilan pembangunan dan pencapaian tujuan organisasi, salah satu produk keberhasilan dari pengelolaan MSDM yang baik yaitu tingginya nilai indeks profesionalitas pegawai, hal ini dapat dinilai dari capaian nilai kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan disiplin. Penyelenggaraan manajemen ASN di Pemeritah Kabupaten Cirebon yang merupakan tugas pokok Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa permasalahan dan permasalahan-permasalahan yang ada saat ini jika dianalisis maka yang paling dominan adalah belum adanya penilaian kompetensi yang terukur, kondisi ini membuat target profesionalitas ASN di Pemerintah Kabupaten Cirebon di tahun 2021 tidak tercapai hingga 50%, yaitu dari target ketercapaian nilai indeks profesionalitas 62 (baik) hanya dapat tercapai 39 (buruk) hal ini tentunya tidak terlepas dari manajemen talenta dan manajemen pola karir yang belum dilaksanakan secara terstruktur seperti amanat dalam UU No. 5 Tahun 2014 tenang ASN yang menyebutkan bahwa promosi didasarkan pada perbandingan yang objektif antara kualifikasi, kompetensi, serta persyaratan lain yang diperlukan oleh jabatan, kepemimpinan, kreativitas, kerja sama, penilaian prestasi kerja, serta pertimbangan yang diberikan oleh tim penilai kinerja PNS pada suatu instansi pemerintahan tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama, golongan, maupun gender. Dalam Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 menyebutkan bahwa kompetensi yang wajib dimiliki oleh Pegawai Negeri Sipil adalah kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural dan kompetensi teknis sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilaksanakan upaya pemecahan masalahnya. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi serta nalisis kebijakan menggunakan teori analisis SWOT.
Kata Kunci: Indeks profesionalitas pegawai; Manajemen Kepegawaian; Strategi
Downloads
References
John A. Pearce II dan Richard
B.Robinson, Jr., (2008). Manajemen
Strategis Formulasi, Implementasi dan
Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat
Mamatova, L., & Pavliunk, V. (2020).
Strategic Management Of Human
Resources As The Basis Of Sustainable
Development. Visuomenės Saugumas Ir
Viešoji Tvarka Public Security And Public
Order, 24, 458–466.
David, Fred R, 2011. Strategic
Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta
Harbani, Pasolong. 2013.
Kepemimpinan Birokrasi. Bandung:
CV.Alfabeta.
Werther, William B. & Keith Davis.
Human Resources And Personal
Management.Edisi kelima. New York:
McGraw-Hill.
Cevallos, Stefany 2020, Public Service
Management in Ecuador, AARMS Vol.
, No. 1.
https://www.proquest.com/openview/
e294a74c4ac00dad803e0f8516e1
/1?pq-origsite=gscholar&cbl=4378877
Kim, Young-Gon and David Shin 2021,
Leadership and Public Service
Motivation in the Military
Organization:The Moderating Effectof
Age, The Korean Journal of Defense
Analysis Vol. 33, No. 3, 533 - 555.
TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan Vol 15, No. 2, 2023, pp. 137-150
Website:http://ejournal.ipdn.ac.id/JTP, e-ISSN 2686-0163, p-ISSN 085-5192
Faculty of Government Management, Governance Institute of Home Affairs (IPDN)
DOI: https://doi.org/10.33701/jtp.v15i2.3130
22883/kjda.2021.33.3.008
Kim, Min Young and Ador Torneo 2021,
The Roles of Strategic Human Resource
Managementand Person–Environment
Fit On Nonprofit Public Service
Motivation, Public Integrity, Vol 23: 33–
, Issue 1.
https://doi.org/10.1080/10999922.202
1775059
Mullins, Laurie J. (2005) Management
And Organization, Seventh Edition.
England: Prentice Hall Financial Times.
Admin Web BKPSDM Kabupaten
Cirebon. (2017). Sistem Informasi
Kepegawaian Pemerintah Kabupaten
Cirebon. BKPSDM Kabupaten Cirebon.
http://simpeg.cirebonkab.go.id/
Arikunto, S. (2010). Manajemen
Penelitian. Rineka Cipta.
Dinas Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Cirebon. (2022). Situs
Resmi Portal Pemerintah Kabupaten
Cirebon. Portal Pemerintah
Kabupaten Cirebon.
Kastiyah, K., & Sutrisno, E. (2019).
Penegakan Disiplin Aparatur Sipil
Negara dalam Rangka Meningkatkan
Kinerja pelayanan
Publik. Hermeneutika: Jurnal Ilmu
Hukum, 3(2), 2615 -4439.
https://www.jurnal.ugj.ac.id/index.p
hp/Hermeneutika/article/view/2597/
Kemalasari, A. D., Agustina, H., &
Zulkarnaen, I. (2020). Pengaruh
Efektivitas Penerapan Absensi
Fingerprint Terhadap Disiplin Kerja
Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas
Lingkungan Hidup Kota
Cirebon. Jurnal Ilmiah Publika, 7(1),
-50.
https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Pu
blika/article/view/4027
Kementerian Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi. (2017a). Peraturan
Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara dan Reformasi Birokrasi
tentang Manajemen Talenta
Aparatur Sipil Negara. Badan
Pemeriksa Keuangan Republik
Indonesia.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/
Details/143662/permen-pan-rb-no3-tahun-2020
Kementerian Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi. (2017b). Peraturan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi tentang Pedoman
Sistem Merit Dalam Manajemen
Aparatur Sipil Negara. Badan
Pemeriksa Keuangan Republik
Indonesia.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/D
etails/132556/permen-pan-rb-no-40-
tahun-2018
Kementerian Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi. (2017c). Peraturan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi tentang Sistem
Manajemen Kinerja Pegawai Negeri
Sipil. Badan Pemeriksa Keuangan
Republik Indonesia.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/D
etails/170603/permen-pan-rb-no-8-
tahun-2021
Kementerian Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi. (2017d). Peraturan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi tentang Standar
Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil
Negara. Badan Pemeriksa Keuangan
Republik Indonesia.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/D
etails/132633/permen-pan-rb-no-38-
tahun-2017
Kementerian Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi
TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan Vol 15, No. 2, 2023, pp. 137-150
Website:http://ejournal.ipdn.ac.id/JTP, e-ISSN 2686-0163, p-ISSN 085-5192
Faculty of Government Management, Governance Institute of Home Affairs (IPDN)
DOI: https://doi.org/10.33701/jtp.v15i2.3130
Birokrasi. (2017e). Peraturan
Pemerintah (PP) tentang Perubahan
atas Peraturan Pemerintah Nomor 11
Tahun 2017 tentang Manajemen
Pegawai Negeri Sipil. Badan
Pemeriksa Keuangan Republik
Indonesia.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/D
etails/134462/pp-no-17-tahun-2020
Kementerian Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi. (2017f). Undang-Undang
(UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang
Aparatur Sipil Negara. Badan
Pemeriksa Keuangan Republik
Indonesia.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/D
etails/38580/uu-no-5-tahun-2014
Kementerian Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi. (2017g). Undang-Undang
(UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang
Pemerintah Daerah. Badan Pemeriksa
Keuangan Republik Indonesia.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/D
etails/38685/uu-no-23-tahun-2014
Ramadhan, P. (2022). Pengawasan
Komisi Aparatur Sipil Negara
Terhadap Penyalahgunaan Mutasi
Sebagai Bentuk Sanksi Administrasi
Tidak Langsung Berdasarkan
Peraturan Badan Kepegawaian
Negara No 5 Tahun 2019 Tentang
Tata Cara Pelaksanaan
Mutasi (Doctoral Dissertation,
Fakultas Hukum Universitas
Pasundan).
http://repository.unpas.ac.id/56528/
Rakhmawanto, A. (2017). Mengukur
Indeks Profesionalitas Asn: Analisis
Tujuan Dan Kemanfaatan. Badan
Kepegawaian Negara.
https://www.bkn.go.id/unggahan/20
/06/6-Policy-Brief-April2017.IndekProfesional.pdf
Rangkuti, F. (1998). ANALISIS SWOT :
Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT.
Gramedia Pustaka Utama.
Sadikin, H., Subhilhar, S., & Kusmanto,
H. (2022). Netralitas Aparatur Sipil
Negara Dalam Pemilihan Umum
Kepala Daerah Kabupaten Asahan
Tahun 2020. PERSPEKTIF, 11(1), 355-
https://repositori.usu.ac.id/handl
e/123456789/45307
Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya
Manusia dan Produktivitas Kerja.
Penerbit Mandar Maju.
Ria Satyarini, Muliadi Palesangi, 2012,
Analisis Peluang Dan Tantangan Pada
Paguyuban Cahaya Terang Sebagai
Ukm Pengrajin Kulit Di Sukaregang
Garut, Jounal Unpar, Vol. 16 No. 2
https://journal.unpar.ac.id/index.php
/BinaEkonomi/article/view/797
Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik
Mengukur dan Strategi Meningkatkan
Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT
Gramedia Pustaka Utama.