Strategies to Increase Civil Servant Apparatus Professionalism Index in Personnel Management: A Case Study in Cirebon District Government

  • Muhzi Anggara Universitas Diponegoro
  • Agustin Rina Herawati Universitas Diponegoro
  • Kismartini Kismartini Universitas Diponegoro
Keywords: Civil Servant Apparatus Professionalism Index, Personnel Management, Strategies

Abstract

Abstract

 

Personnel Management, also known as Human Resource Management (HRM) is an essential factor in an organization as it significantly influences developmental success and the attainment of organizational objectives. A key indicator of effective HRM is the high value of employee professionalism, which can be measured through qualifications, competencies, performance, and discipline. Management of civil servant (ASN) in the Cirebon Regency Government, overseen by Civil Service and Human Resources Development Agency (BKPSDM), faces several challenges in its implementation. Currently, a predominant issue is the absence of a standardized and measurable competence assessment. This deficiency resulted in the failure to meet the 2021 professionalism target for ASN in the Cirebon Regency Government, achieving only 39 out of the targeted professionalism index of 62 (where 39 is considered poor). This situation is undoubtedly related to the absence of structured talent management and a clear progression framework, as mandated by Law No. 5 of 2014 regarding ASN. The law states that promotions should be based on an objective comparison of qualifications, competencies, leadership, creativity, teamwork, job performance assessments, and input from ASN performance appraisal team in government institutions, free from discrimination based on ethnicity, race, religion, group, or gender. Moreover, government Regulation No. 11 of 2017 stipulates that ASN should possess managerial, socio-cultural, and technical competencies in accordance with established job competency standards. To effectively address these issues, a qualitative descriptive method was adopted. Moreover, data obtained through interviews, observations, and policies were analyzed using the SWOT analysis theory.

 

Keywords: Civil Servant Apparatus Professionalism Index; Personnel Management; Strategies

 

Abstrak

 

Manajemen Kepegawaian atau yang disebut juga Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) merupakan faktor strategis dalam suatu organisasi, karena merupakan  penentu keberhasilan pembangunan dan pencapaian tujuan organisasi, salah satu produk keberhasilan dari pengelolaan MSDM yang baik yaitu tingginya nilai indeks profesionalitas pegawai, hal ini dapat dinilai dari capaian nilai kualifikasi, kompetensi,  kinerja, dan disiplin. Penyelenggaraan manajemen ASN di Pemeritah Kabupaten Cirebon yang merupakan tugas pokok Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa permasalahan dan permasalahan-permasalahan yang ada saat ini jika dianalisis maka yang paling dominan adalah belum adanya penilaian kompetensi yang terukur, kondisi ini membuat target profesionalitas ASN di Pemerintah Kabupaten Cirebon di tahun 2021  tidak tercapai hingga 50%, yaitu dari target ketercapaian nilai indeks profesionalitas 62 (baik)  hanya dapat tercapai 39 (buruk)  hal ini tentunya tidak terlepas dari manajemen talenta dan manajemen pola karir yang belum dilaksanakan secara terstruktur seperti amanat dalam UU No. 5 Tahun 2014 tenang ASN yang menyebutkan bahwa promosi didasarkan pada perbandingan yang objektif antara kualifikasi, kompetensi, serta persyaratan lain yang diperlukan oleh jabatan, kepemimpinan, kreativitas, kerja sama, penilaian prestasi kerja, serta pertimbangan yang diberikan oleh tim penilai kinerja PNS pada suatu instansi pemerintahan tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama, golongan, maupun gender. Dalam Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 menyebutkan bahwa kompetensi yang wajib dimiliki oleh Pegawai Negeri Sipil adalah kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural dan kompetensi teknis sesuai dengan standar kompetensi jabatan yang telah ditetapkan, sehingga perlu dilaksanakan upaya pemecahan masalahnya. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan  adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi serta nalisis kebijakan menggunakan teori analisis SWOT.

 

Kata Kunci: Indeks profesionalitas pegawai; Manajemen Kepegawaian; Strategi

Downloads

Download data is not yet available.

References

John A. Pearce II dan Richard

B.Robinson, Jr., (2008). Manajemen

Strategis Formulasi, Implementasi dan

Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Mamatova, L., & Pavliunk, V. (2020).

Strategic Management Of Human

Resources As The Basis Of Sustainable

Development. Visuomenės Saugumas Ir

Viešoji Tvarka Public Security And Public

Order, 24, 458–466.

David, Fred R, 2011. Strategic

Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta

Harbani, Pasolong. 2013.

Kepemimpinan Birokrasi. Bandung:

CV.Alfabeta.

Werther, William B. & Keith Davis.

Human Resources And Personal

Management.Edisi kelima. New York:

McGraw-Hill.

Cevallos, Stefany 2020, Public Service

Management in Ecuador, AARMS Vol.

, No. 1.

https://www.proquest.com/openview/

e294a74c4ac00dad803e0f8516e1

/1?pq-origsite=gscholar&cbl=4378877

Kim, Young-Gon and David Shin 2021,

Leadership and Public Service

Motivation in the Military

Organization:The Moderating Effectof

Age, The Korean Journal of Defense

Analysis Vol. 33, No. 3, 533 - 555.

TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan Vol 15, No. 2, 2023, pp. 137-150

Website:http://ejournal.ipdn.ac.id/JTP, e-ISSN 2686-0163, p-ISSN 085-5192

Faculty of Government Management, Governance Institute of Home Affairs (IPDN)

DOI: https://doi.org/10.33701/jtp.v15i2.3130

22883/kjda.2021.33.3.008

Kim, Min Young and Ador Torneo 2021,

The Roles of Strategic Human Resource

Managementand Person–Environment

Fit On Nonprofit Public Service

Motivation, Public Integrity, Vol 23: 33–

, Issue 1.

https://doi.org/10.1080/10999922.202

1775059

Mullins, Laurie J. (2005) Management

And Organization, Seventh Edition.

England: Prentice Hall Financial Times.

Admin Web BKPSDM Kabupaten

Cirebon. (2017). Sistem Informasi

Kepegawaian Pemerintah Kabupaten

Cirebon. BKPSDM Kabupaten Cirebon.

http://simpeg.cirebonkab.go.id/

Arikunto, S. (2010). Manajemen

Penelitian. Rineka Cipta.

Dinas Komunikasi dan Informatika

Kabupaten Cirebon. (2022). Situs

Resmi Portal Pemerintah Kabupaten

Cirebon. Portal Pemerintah

Kabupaten Cirebon.

https://www.cirebonkab.go.id/

Kastiyah, K., & Sutrisno, E. (2019).

Penegakan Disiplin Aparatur Sipil

Negara dalam Rangka Meningkatkan

Kinerja pelayanan

Publik. Hermeneutika: Jurnal Ilmu

Hukum, 3(2), 2615 -4439.

https://www.jurnal.ugj.ac.id/index.p

hp/Hermeneutika/article/view/2597/

Kemalasari, A. D., Agustina, H., &

Zulkarnaen, I. (2020). Pengaruh

Efektivitas Penerapan Absensi

Fingerprint Terhadap Disiplin Kerja

Pegawai Negeri Sipil Pada Dinas

Lingkungan Hidup Kota

Cirebon. Jurnal Ilmiah Publika, 7(1),

-50.

https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Pu

blika/article/view/4027

Kementerian Pendayagunaan

Aparatur Negara dan Reformasi

Birokrasi. (2017a). Peraturan

Menteri Pendayagunaan Aparatur

Negara dan Reformasi Birokrasi

tentang Manajemen Talenta

Aparatur Sipil Negara. Badan

Pemeriksa Keuangan Republik

Indonesia.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/

Details/143662/permen-pan-rb-no3-tahun-2020

Kementerian Pendayagunaan

Aparatur Negara dan Reformasi

Birokrasi. (2017b). Peraturan Menteri

Pendayagunaan Aparatur Negara dan

Reformasi Birokrasi tentang Pedoman

Sistem Merit Dalam Manajemen

Aparatur Sipil Negara. Badan

Pemeriksa Keuangan Republik

Indonesia.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/D

etails/132556/permen-pan-rb-no-40-

tahun-2018

Kementerian Pendayagunaan

Aparatur Negara dan Reformasi

Birokrasi. (2017c). Peraturan Menteri

Pendayagunaan Aparatur Negara dan

Reformasi Birokrasi tentang Sistem

Manajemen Kinerja Pegawai Negeri

Sipil. Badan Pemeriksa Keuangan

Republik Indonesia.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/D

etails/170603/permen-pan-rb-no-8-

tahun-2021

Kementerian Pendayagunaan

Aparatur Negara dan Reformasi

Birokrasi. (2017d). Peraturan Menteri

Pendayagunaan Aparatur Negara dan

Reformasi Birokrasi tentang Standar

Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil

Negara. Badan Pemeriksa Keuangan

Republik Indonesia.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/D

etails/132633/permen-pan-rb-no-38-

tahun-2017

Kementerian Pendayagunaan

Aparatur Negara dan Reformasi

TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan Vol 15, No. 2, 2023, pp. 137-150

Website:http://ejournal.ipdn.ac.id/JTP, e-ISSN 2686-0163, p-ISSN 085-5192

Faculty of Government Management, Governance Institute of Home Affairs (IPDN)

DOI: https://doi.org/10.33701/jtp.v15i2.3130

Birokrasi. (2017e). Peraturan

Pemerintah (PP) tentang Perubahan

atas Peraturan Pemerintah Nomor 11

Tahun 2017 tentang Manajemen

Pegawai Negeri Sipil. Badan

Pemeriksa Keuangan Republik

Indonesia.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/D

etails/134462/pp-no-17-tahun-2020

Kementerian Pendayagunaan

Aparatur Negara dan Reformasi

Birokrasi. (2017f). Undang-Undang

(UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang

Aparatur Sipil Negara. Badan

Pemeriksa Keuangan Republik

Indonesia.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/D

etails/38580/uu-no-5-tahun-2014

Kementerian Pendayagunaan

Aparatur Negara dan Reformasi

Birokrasi. (2017g). Undang-Undang

(UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang

Pemerintah Daerah. Badan Pemeriksa

Keuangan Republik Indonesia.

https://peraturan.bpk.go.id/Home/D

etails/38685/uu-no-23-tahun-2014

Ramadhan, P. (2022). Pengawasan

Komisi Aparatur Sipil Negara

Terhadap Penyalahgunaan Mutasi

Sebagai Bentuk Sanksi Administrasi

Tidak Langsung Berdasarkan

Peraturan Badan Kepegawaian

Negara No 5 Tahun 2019 Tentang

Tata Cara Pelaksanaan

Mutasi (Doctoral Dissertation,

Fakultas Hukum Universitas

Pasundan).

http://repository.unpas.ac.id/56528/

Rakhmawanto, A. (2017). Mengukur

Indeks Profesionalitas Asn: Analisis

Tujuan Dan Kemanfaatan. Badan

Kepegawaian Negara.

https://www.bkn.go.id/unggahan/20

/06/6-Policy-Brief-April2017.IndekProfesional.pdf

Rangkuti, F. (1998). ANALISIS SWOT :

Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Sadikin, H., Subhilhar, S., & Kusmanto,

H. (2022). Netralitas Aparatur Sipil

Negara Dalam Pemilihan Umum

Kepala Daerah Kabupaten Asahan

Tahun 2020. PERSPEKTIF, 11(1), 355-

https://repositori.usu.ac.id/handl

e/123456789/45307

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya

Manusia dan Produktivitas Kerja.

Penerbit Mandar Maju.

Ria Satyarini, Muliadi Palesangi, 2012,

Analisis Peluang Dan Tantangan Pada

Paguyuban Cahaya Terang Sebagai

Ukm Pengrajin Kulit Di Sukaregang

Garut, Jounal Unpar, Vol. 16 No. 2

https://journal.unpar.ac.id/index.php

/BinaEkonomi/article/view/797

Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik

Mengukur dan Strategi Meningkatkan

Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT

Gramedia Pustaka Utama.

Published
2023-12-08
How to Cite
Anggara, M., Herawati, A., & Kismartini, K. (2023). Strategies to Increase Civil Servant Apparatus Professionalism Index in Personnel Management: A Case Study in Cirebon District Government. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 15(2), 137-150. https://doi.org/10.33701/jtp.v15i2.3130