Transformasi Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Subang Di Masa Pandemi Covid 19

  • Sunasih Mulianingsih Institut Pemerintahan Dalam Negeri
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##: https://doi.org/10.33701/jmb.v4i1.2338
Keywords: Transformation, Service, Pandemic Covid-19

Abstract

Pelayanan aparatur sipil negara (ASN) kepada masyarakat, di masa pandemi covid 19, menghadapi berbagai permasalahan, meskipun demikian harus tetap berjalan sebagaimana mestinya, melalui perubahan dan penyempurnaan, agar masyarakat tetap mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Transformasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Subang di masa Pandemi Covid 19 serta hambatan dan upaya mengatasi hambatan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Data diperoleh dari primer dan sekunder. Hasil dan simpulan, bahwa Agar pelayanan dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya, maka Dinas Kependudukan dan pencatan sipil melakukan perubahan atau Transformasi di bidang pelayanan meskipun pelaksanaannya terbatas karena memiliki hambatan yaitu Sarana yang belum memadai yang berupa jaringan, kemudian yang dimiliki oleh masyarakat untuk memperlancar transformasi pelayanan terbatas, selanjutnya mind set masyarakat masih sederhana dan Adanya keterbatasan SDM dalam proses transformasi secara kulaitas maupun kuantitas. untuk mengatasi hambatan dilakukan upaya sosialisasi dan edukasi, membuka mindset masyarakat dan Untuk keterbatasan sumber daya manusia melalui pendidikan dan latihan IT bagi pegawai.
Kata Kunci: Transformasi; Pelayanan; Pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-29