EFEKTIVITAS APLIKASI SIPINTER DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SITUBONDO PROVINSI JAWA TIMUR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Aplikasi SiPinTer dalam aspek kemudahan akses dan penggunaan aplikasi haruslah baik bagi masyarakat terutama lapisan masyarakat menengah kebawah dan umurnya sudah 50 tahun keatas yang mempunyai keinginan untuk mengajukan ijin usaha atau non usaha ke DPMPTSP, karena ada beberapa aplikasi pelayanan online yang dimiliki pemerintah yang akses untuk masuk ke system itu sulit dan rumit untuk dilakukan, kesulitan akses dan penggunaan aplikasi mungkin tidak dirasakan oleh kalangan anak milenial zaman sekarang dengan pengetahuan teknologi mereka, tetapi bagi masyarakat yang lahir di tahun 70-an hal itu bisa menjadi masalah dalam penggunaan system pelayanan masyarakat berbasis online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas aplikasi SiPinTer dalam meningkatkan pelayanan perizinan di Kabupaten Situbondo. Metode yang digunakan ialah wawancara, dokumentasi dan pengamatan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterbatasan dalam menguasai teknologi terutama saat memanfaatkan aplikasi SiPinter pada golongan yang lebih tua, dalam pemanfaatan aplikasi tersebut masih terjadi error dialami oleh masyarakat sehingga masyarakat pun harus datang ke kantor untuk menyelesaikan permasalahan error tersebut. DPMPTSP perlu melakukan sosialisasi secara berkala dan komprehensif kepada masyarakat terutama yang tinggal di desa dengan melakukan sosialisasi jemput bola ke desa-desa. Kesimpulannya, Program aplikasi SiPinTer di Kabupaten Situbondo sudah berjalan cukup baik dan efektif pada dimensi pencapaian produksi, efisiensi, kepuasan, adaptasi, dan perkembangan. Sementara pada dimensi kepuasan terutama dalam subdimensi sistem, mekanisme, dan prosedur dan dimensi adaptasi dalam subdimensi kompetensi pelaksana masih perlu ditingkatkan.
Kata kunci: Aplikasi SiPinTer, Efektivitas, Internet
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- The right of publication of all material information contained in this journal site is held by the editorial board / editor with the knowledge of the author. Journal Manager will uphold the moral rights of the author.
- The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) license, which means that This license lets others remix, adapt, and build upon your work even for commercial purposes, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms. This license is often compared to “copyleft” free and open source software licenses. All new works based on yours will carry the same license, so any derivatives will also allow commercial use.
- Each Ilmiah Wahana Bhakti Praja journal, both printed and electronic, is open access for educational, research and library purposes. Beyond this purpose, publishers or journal managers are not responsible for copyright infringement committed by readers or users.
References
Belina, M. R., & Habibah, S. (2019). Efektivitas Aplikasi Sakdino Dalam Mewujudkan Good Governance Di Kota Malang. Prosiding Simposium Nasional ''Tantangan Penyelenggaraan Pemerintahan Di Era Revolusi Indusri 4.O". https://doi.org/https://doi.org/10.22219/PSNIP.Vol0.No0.II|512-531
Daniel Dwiky Darmawan Laoli. (2022). Kinerja Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanana Perizinan Terpadu Satu Pintu Dalam Penerapan Aplikasi Sicantik Di Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara [Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/10881/
Dwiyanto, A. (2008). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. PPSK-UGM.
Enitasari, R., & Hertati, D. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33005/paj.v1i2.16
Mirza, A. H. (2012a). Desain Dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan Satu Pintu (Simtu) Berbasis Web (Studi Kasus Kabupaten Ogan Komering Ilir. In Seminar Nasional Informatika. http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/1072/927
Mirza, A. H. (2012b). Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan Satu Pintu (Simtu) Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Ilmiah Matrik, 14(3). http://jurnal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/304
Novriando, A., Purnomo, E. P., & Salsabila, L. (2020). Efektivitas “Jogja Smart Service” Terhadap Pelayanan Publik di Kota Yogyakarta. GOVERNMENT : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(2). https://journal.unhas.ac.id/index.php/government/article/view/8817
Nupiah, A. (2022). Implementasi E-Government Melalui Aplikasi Online Anywhere Service (Oase) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat [Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/9985/
Nurrahman, A., & Rahman, J. (2021). Efektivitas Sicantik Cloudpada Pelayanan Publik Perizinanberbasis E-Govermentdikabupaten Purwakarta. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v3i2.2310
Oktavias, A. D., & Rosdiana, W. (2019). Efektivitas Aplikasi Sistem Operasional Terpadu Online Lamongan (SOTOLA) Di Polres Lamongan. Publika, 7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/27/article/view/31529
Permana, A. D. (2016). Penerapan Aplikasi Saiba Untuk Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jauj.v14i1.2512
Priansa, D. J., & Garnida, A. (2019). Manajemen perkantoran : Efektif, efisien, dan profesional. Alfabeta.
Purnamawati, D., Suyeno, S., & Anadza, H. (2022). Efektivitas Program Aplikasi Sistem Informasi Mojokerto Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto). Respon Publik, 16(6). http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/16620
Rohman, A., & Larasati, D. C. (2020). Standart Pelayanan Publik Di Era Transisi New Normal. Reformasi, 10(2). https://pdfs.semanticscholar.org/7399/8b8fb70fa712147461dd5ece4778f6ff213e.pdf
Runanda, R. K. (2020). Kampanye public relations tentang sosialisasi aplikasi GAMPIL sebagai upaya mempermudah perizinan di Kota Bandung: Studi deskriptif pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung [UIN Sunan Gunung Djati]. http://digilib.uinsgd.ac.id/39838/
Sari, Y. P. (2022). Promosi Aplikasi FISDOK Solusi Smart Pelayanan Kesehatan di Desa Banjarsari, Gajah, Demak. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jamsi.155
Styawati, Samsugi, S., Rahmanto, Y., Surahman, A., Andraini, L., & Ismail, I. (2022). Penerapan Aplikasi Administrasi Desa Pada Desa Mukti Karya Mesuji. Journal of Technologyand Social for Community Service(JTSCS), 3(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/1910/852
Sulistiani, H., Isnain, A. S. A. R., Darwis, D., Rahmanto, Y., Nuriansah, A., & Akbar, A. (2022). Pendampingan Dan Pelatihan Penggunaan Smart Village Guna Meningkatkan Pelayanan Desa Di Pekon Sukanegeri Jaya. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/1945/848
Tangkilisan, H. N. S. (2007). Manajemen Publik. PT. Grafindo.
Wahyudi, E., & Pratiwi, I. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Masyarakat Melalui Aplikasi Pelayanan Terpadu Di Desa Suka Mulia Kecamatan Sungai Melayu Rayak Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Jurnal Difusi, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35313/difusi.v1i2.1303