EFEKTIVITAS APLIKASI SIPINTER DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PERIZINAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SITUBONDO PROVINSI JAWA TIMUR

Penulis

  • Agung Nurrahman Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Eko Budi Santoso Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Kautsar Zulfahmi Pemerintah Provinsi Jawa Timur
  • Dedhy Guntoro Institut Pemerintahan Dalam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.33701/jiwbp.v12i1.2660

Kata Kunci:

Aplikasi SiPinTer, Efektivitas, Internet

Abstrak

Aplikasi SiPinTer dalam aspek kemudahan akses dan penggunaan aplikasi haruslah baik bagi masyarakat terutama lapisan masyarakat menengah kebawah dan umurnya sudah 50 tahun keatas yang mempunyai keinginan untuk mengajukan ijin usaha atau non usaha ke DPMPTSP, karena ada beberapa aplikasi pelayanan online yang dimiliki pemerintah yang akses untuk masuk ke system itu sulit dan rumit untuk dilakukan, kesulitan akses dan penggunaan aplikasi mungkin tidak dirasakan oleh kalangan anak milenial zaman sekarang dengan pengetahuan teknologi mereka, tetapi bagi masyarakat yang lahir di tahun 70-an hal itu bisa menjadi masalah dalam penggunaan system pelayanan masyarakat berbasis online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas aplikasi SiPinTer dalam meningkatkan pelayanan perizinan di Kabupaten Situbondo. Metode yang digunakan ialah wawancara, dokumentasi dan pengamatan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterbatasan dalam menguasai teknologi terutama saat memanfaatkan aplikasi SiPinter pada golongan yang lebih tua, dalam pemanfaatan aplikasi tersebut masih terjadi error dialami oleh masyarakat sehingga masyarakat pun harus datang ke kantor untuk menyelesaikan permasalahan error tersebut. DPMPTSP perlu melakukan sosialisasi secara berkala dan komprehensif kepada masyarakat terutama yang tinggal di desa dengan melakukan sosialisasi jemput bola ke desa-desa. Kesimpulannya, Program aplikasi SiPinTer di Kabupaten Situbondo sudah berjalan cukup baik dan efektif pada dimensi pencapaian produksi, efisiensi, kepuasan, adaptasi, dan perkembangan. Sementara pada dimensi kepuasan terutama dalam subdimensi sistem, mekanisme, dan prosedur dan dimensi adaptasi dalam subdimensi kompetensi pelaksana masih perlu ditingkatkan.

Kata kunci: Aplikasi SiPinTer, Efektivitas, Internet

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ageng, R. S., Yusliwidaka, A., & Sukron, M. (2019). Efektivitas Pemerintahan dalam Pelayanan Publik dengan SIKDES (Sistem Informasi Konektivitas Desa) (Studi Kasus di Desa Sidorejo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang). Journal of Public Administration and Local Governance, 3(1). https://doi.org/10.31002/jpalg.v3i1.1362

Belina, M. R., & Habibah, S. (2019). Efektivitas Aplikasi Sakdino Dalam Mewujudkan Good Governance Di Kota Malang. Prosiding Simposium Nasional ''Tantangan Penyelenggaraan Pemerintahan Di Era Revolusi Indusri 4.O". https://doi.org/https://doi.org/10.22219/PSNIP.Vol0.No0.II|512-531

Daniel Dwiky Darmawan Laoli. (2022). Kinerja Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanana Perizinan Terpadu Satu Pintu Dalam Penerapan Aplikasi Sicantik Di Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara [Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/10881/

Dwiyanto, A. (2008). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. PPSK-UGM.

Enitasari, R., & Hertati, D. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33005/paj.v1i2.16

Mirza, A. H. (2012a). Desain Dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan Satu Pintu (Simtu) Berbasis Web (Studi Kasus Kabupaten Ogan Komering Ilir. In Seminar Nasional Informatika. http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/1072/927

Mirza, A. H. (2012b). Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan Satu Pintu (Simtu) Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Ilmiah Matrik, 14(3). http://jurnal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/304

Novriando, A., Purnomo, E. P., & Salsabila, L. (2020). Efektivitas “Jogja Smart Service” Terhadap Pelayanan Publik di Kota Yogyakarta. GOVERNMENT : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(2). https://journal.unhas.ac.id/index.php/government/article/view/8817

Nupiah, A. (2022). Implementasi E-Government Melalui Aplikasi Online Anywhere Service (Oase) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat [Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/9985/

Nurrahman, A., & Rahman, J. (2021). Efektivitas Sicantik Cloudpada Pelayanan Publik Perizinanberbasis E-Govermentdikabupaten Purwakarta. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v3i2.2310

Oktavias, A. D., & Rosdiana, W. (2019). Efektivitas Aplikasi Sistem Operasional Terpadu Online Lamongan (SOTOLA) Di Polres Lamongan. Publika, 7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/27/article/view/31529

Permana, A. D. (2016). Penerapan Aplikasi Saiba Untuk Penyusunan Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jauj.v14i1.2512

Priansa, D. J., & Garnida, A. (2019). Manajemen perkantoran : Efektif, efisien, dan profesional. Alfabeta.

Purnamawati, D., Suyeno, S., & Anadza, H. (2022). Efektivitas Program Aplikasi Sistem Informasi Mojokerto Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mojokerto). Respon Publik, 16(6). http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/16620

Rohman, A., & Larasati, D. C. (2020). Standart Pelayanan Publik Di Era Transisi New Normal. Reformasi, 10(2). https://pdfs.semanticscholar.org/7399/8b8fb70fa712147461dd5ece4778f6ff213e.pdf

Runanda, R. K. (2020). Kampanye public relations tentang sosialisasi aplikasi GAMPIL sebagai upaya mempermudah perizinan di Kota Bandung: Studi deskriptif pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bandung [UIN Sunan Gunung Djati]. http://digilib.uinsgd.ac.id/39838/

Sari, Y. P. (2022). Promosi Aplikasi FISDOK Solusi Smart Pelayanan Kesehatan di Desa Banjarsari, Gajah, Demak. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jamsi.155

Styawati, Samsugi, S., Rahmanto, Y., Surahman, A., Andraini, L., & Ismail, I. (2022). Penerapan Aplikasi Administrasi Desa Pada Desa Mukti Karya Mesuji. Journal of Technologyand Social for Community Service(JTSCS), 3(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/1910/852

Sulistiani, H., Isnain, A. S. A. R., Darwis, D., Rahmanto, Y., Nuriansah, A., & Akbar, A. (2022). Pendampingan Dan Pelatihan Penggunaan Smart Village Guna Meningkatkan Pelayanan Desa Di Pekon Sukanegeri Jaya. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/1945/848

Tangkilisan, H. N. S. (2007). Manajemen Publik. PT. Grafindo.

Wahyudi, E., & Pratiwi, I. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Masyarakat Melalui Aplikasi Pelayanan Terpadu Di Desa Suka Mulia Kecamatan Sungai Melayu Rayak Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Jurnal Difusi, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35313/difusi.v1i2.1303

##submission.downloads##

Diterbitkan

May 31, 2022

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>