KINERJA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS APARATUR DESA DI KABUPATEN LAMANDAU PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Penulis

  • Margaretha Rumbekwan Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Annisa Rahmadanita Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Okky Irwanto Ajang Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah
  • Eko Budi Santoso Institut Pemerintahan Dalam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.33701/jiwbp.v11i2.2218

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi pelaksanaan Kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam meningkatkan kualitas aparatur desa di Kabupaten Lamandau, dengan menggunakan teori kinerja dari T.R. Mitchell dalam Serdamayanti, (2009). Mengetahui faktor-faktor penghambat kinerja DPMD, dan upaya dalam mengatasi hambatan dalam meningkatkan kinerja DPMD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan pendekatan induktif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi adapun dalam menganalisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa masih belum optimal dalam meningkatkan kualitas aparatur desa di Kabupaten Lamandau hal tersebut dilihat dari lima dimensi kinerja menurut T.R. Mitchell dimana tiga dimensi kinerjanya menunjukan performa masih belum optimal yaitu di dimensi Kualitas kerja, Kemampuan aparatur dan Disiplin kerja dan dua dimensi sudah cukup baik yaitu di dimensi Inisiatif dan Komunikasi.

 

Kata Kunci: Kinerja, Peningkatan Kualitas Aparatur, Pemerintah Desa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

Oct 29, 2021

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama