Communication in Digital-Based Public Services in Regional Government of West Java Province
DOI:
https://doi.org/10.33701/jtp.v16i1.3778Kata Kunci:
government, communication, digital, public services, government communicationAbstrak
Saat ini pada era digital, hampir dipastikan semua kegiatan pelayanan publik menggunakan media digital, Penggunaan media digital pada saat ini adalah tulang punggung utama komunikasi dan perubahan dalam segala bidang (ekonomi, sosial, budaya, politik). Artikel ini bertujuan untuk menganalisis penerapan komunikasi pemerintahan dalam pelayanan publik berbasis digital di Pemerintah Provinsi Jawa Barat terutama website dan media sosial facebook, dan twitter pemerintah daerah berdasarkan dimensi 1. Content Quality (Kualitas Kontent), 2. Service Quality (Kualitas Service) dan 3. Technicall Quality (Kualitas Teknis), menggunakan metode deskriptif kualitatif, analisis data penelitian melalui dokumentasi, observasi, wawancara mendalam dan social network analysis dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik dengan teknologi informasi dan komunikasi secara garis besar telah diterapkan di seluruh instansi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan yaitu, ditemukan kanal website yang tidak dapat dibuka padahal website tersebut sangat penting dalam memberikan informasi dan komunikasi resmi dari Pemprov Jawa Barat, selain itu secara umum menu-menu yang berfungsi sebagai pemberi informasi sifatnya masih satu arah dan belum memberikan akses pelayanan yang sifatnya interaksi kepada publik.
Kata kunci: komunikasi pemerintahan; digital; pelayanan publik