Analisis Kualitas Website Kecamatan Rancasari Kota Bandung Dengan Gtmetrix
DOI:
https://doi.org/10.33701/jtkp.v7i1.5584Abstract
Kualitas website merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh instansi pemerintahan, website yang berkualitas dapat memberikan informasi dan pelayanan publik secara lebih efektif dan efisien. Kecamatan Rancasari Kota Bandung memiliki website, namun pada penerapannya, masih terdapat kendala error dan loading, yaitu website tidak merespon saat user melakukan klik pada menu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas website Kecamatan Rancasari. Metode pengukuran kualitas website menggunakan GTMetrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performa website Kecamatan Rancasari termasuk pada kategori sangat buruk dengan nilai rata-rata dari performances score sebesar 32% dan structure score sebesar 63%. Kesimpulannya, website Kecamatan Rancasari telah memberikan informasi pelayanan bagi publik namun masih membutuhkan peningkatan dari berbagai aspek, diantaranya memperbaiki performa website melalui perbaikan desain halaman website, memastikan kecepatan internet website agar selalu stabil, dan memiliki sumber daya manusia yang memadai baik secara kuantitas maupun kualitas (tenaga ahli khusus teknologi informasi) yang dapat fokus dan konsisten untuk menilai dan mengevaluasi performa website Kecamatan Rancasari, serta melakukan survey kepuasan masyarakat pengguna website terkait kebermanfaatan website Rancasari tersebut.
Kata Kunci: Website, GTMetrix, Performances Score, Structure Score.
Downloads
References
Arni, S. A., Mongkau, D. C., & Berelaku, A. (2023). Analisis Performa Website Menggunakan GTMetrix. Jurnal Minfo Polgan, 12(2). https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12518
Bija, R. N., Talaohu, A. P., & Munandar, A. (2024). Analisis Kualitas Website Bursa Efek Indonesia Dengan Menggunakan Metode Gtmetrix. Scientific Journal Of Reflection : Economic, Accounting, Management and Business, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37481/sjr.v7i2.850
Diana, & Veronika, N. D. M. (2018). Analisis Kualitas Website Provinsi Bengkulu Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Pseudocode, V(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pseudocode.5.1.10-17
Dwiyanto, A. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. UGM Press. https://ugmpress.ugm.ac.id/id/product/sosial-politik/mewujudkan-good-governance-melalui-pelayanan-publik
Febratama, D., Sartika, I., & Nurrahman, A. (2023). Evaluasi Penerapan Layanan Aplikasi Reaksi Atas Berita Warga (Rabeg) Dikota Serang Provinsi Banten. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 49(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jipwp.v49i1.3182
Fifuadiuadi, S. (2022). Pengujian Performa Website Resmi Klub Sepakbola Persib Bandung Menggunakan Tools GTmetrix. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(1). https://journal-siti.org/index.php/siti/article/view/20
Fryonanda, H., & Ahmad, T. (2017). Analisis Website Perguruan Tinggi Berdasarkan Keinginan Search Engine Menggunakan Automated Software Testing GTmetrix. Kalbiscentia, 4(2).
Gafar, I. H. H., & Nurrahman, A. (2024). Analisis Penerapan Smart governance diKota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 6(1). https://doi.org/ttps://doi.org/10.33701/jtkp.v6i1.4306
GTMetrix. (2020). Everything You Need to Know About GTmetrix Reports. Https://Gtmetrix.Com/. https://gtmetrix.com/blog/everything-you-need-to-know-about-the-new-gtmetrix-report-powered-by-lighthouse/
Herman, S., Rahman, S., & Bahri, S. (2023). Analisis Performa Website Sulivan Agro Menggunakan GTMetrix. Https://Jurnal.Kharisma.Ac.Id/Kharismatech/Article/View/420, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.55645/kharismatech.v18i2.420
Hidayati, N. H. (2022). Analisis Performa Website Kantor Pencarian Dan Pertolongan Palembang Menggunakan Gtmetrix. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.173
Huda, N., & Megawaty. (2021). Analisis Kinerja Website Dinas Komunikasi dan Informatika Menggunakan Metode Pieces. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1018
Idza, A. A., & Rahmadanita, A. (2024). Tren Penelitian Smart Village di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v6i1.4409
Lestari, W., & Susanto, A. (2017). Analisis Performa Website ISI Surakarta dan Universitas Diponegoro Menggunakan Automated Software Testing GTmetrix. Jurnal Sistem Informasi Dan Sistem Komputer, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.51717/simkom.v2i3.22
Madjid, U., Nurrahman, A., & Effendi, R. (2021). Implementasi Program Kartu Identitas Anak (Kia) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Registratie, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v3i1.2361
Madjid, U., Nurrahman, A., & Ramadhani, N. A. P. (2021). Efektivitas Program Tarjilu Okke Di Kabupaten Patiprovinsi Jawa Tengah. Jurnal Registratie, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v3i2.2363
Mandias, G. F., Septiawan, Y., & Bojoh, M. J. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Ipa Terhadap Situs Sla Tompaso. CogITo Smart Journal, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.331.396-406
Masyhur, F. (2014). Kinerja Website Resmi Pemerintah Provinsi di Indonesia. Jurnal Pekommas, 17(1), 9–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30818/jpkm.2014.1170102
Maulana, M. R., Susanto, E. B., & Binabar, S. W. (2020). Analisa Performa Website Pemerintah Kabupaten Batang. IC-Tech, 15(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47775/ictech.v15i1.97
Muchali, A., & Budiarto, J. (2017). Analisis Pengujian Performa Website Jabatan fungsional Perguruan Tinggi. Proceeding Seminar Nasional & Ilmu Sosial 2017, 1(1). https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/sociotech2017/article/view/300
Muhammad, A. (2022). Apa itu GTMetrix? Cara Menggunakan GTMetrix di Website Anda. Niagahoster.
Muslihin, & Erfendy, T. (2020). Digitalisasi Pelayanan Publik. Pustaka Bangsa.
Nurrahman, A., & Bagau, F. N. (2023). Analisis Kualitas Situs Web Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire dalam Penyediaan Informasi Publik. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtpm.v3i2.3637
Nurrahman, A., Dimas, M., Ma’sum, M. F., & Ino, M. F. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik Di Kabupaten Garut. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v3i1.2126
Nurrahman, A., & Rahman, J. (2021). Efektivitas Sicantik Cloud Pada Pelayanan Publik Perizinan Berbasis E-Goverment Dikabupaten Purwakarta. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v3i2.2310
Nurrahman, A., Sabaruddin, S., & Salma, R. N. L. (2022). Optimalisasi Aplikasi Ppid Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Publik Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kebumen. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jpkp.v4i2.2878
Permatasari, L. I., & Munandar, A. (2022). Evaluasi Kinerja Website Pelayanan Publik Pemerintah Daerah Pada Provinsi Kalimantan Timur. Akuntansi Dan Manajemen, 17(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30630/jam.v17i1.163
Purba, M. B., Putra, I. M. S., & Sudana, A. A. K. O. (2021). Pengujian Performa Sistem Single Sign On SRUTI pada Universitas Hindu Indonesia Menggunakan Tools GTmetrix. JITTER- Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 2(3).
Rahmadanita, A., & Hidayat, E. (2023). Tren Penelitian Literasi Digital (Digital Literacy) Tahun 2012-2022: Sebuah Pendekatan Bibliometrik. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i2.3850
Riduan, M., Rahmadanita, A., & Nurrahman, A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin (Studi Pada Aplikasi M-Paspor Dan Layanan Micin Darurat). Jurnal Media Birokrasi, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jmb.v5i2.3766
Sawlani, D. K. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan Dan Kepercayaan. Scopindo Media Pustaka. https://books.google.co.id/books/about/KEPUTUSAN_PEMBELIAN_ONLINE.html?id=LodAEAAAQBAJ&redir_esc=y
Setiyono, B. (2020). Manajemen Pelayanan Umum (Edisi 3). Universitas Terbuka.
Siregar, R. K. D., & Fitriawan, R. A. (2018). Analisis Kualitas Website Ruangguru.com Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Ipa (importance Performance Analysis). EProceedings of Management, 5(1). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6185
Tukan, A. A. F., & Rahmadanita, A. (2023). Implementasi Kebijakan Identitas Kependudukan Digital (Ikd) Di Kabupaten Lembataprovinsi Nusa Tenggara Timur. Jurnal Registratie, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v5i2.3717
Wannery, A., & Nurrahman, A. (2023). Analisis Kualitas Website Sipenduduk pada Dimensi Layanan dan Konten di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(2). https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i2.3862
Wannery, A., Nurrahman, A., & Sabaruddin. (2023). Analisis Dimensi Kualitas Teknis Website Sipenduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i1.3462
Yusuf, M., Ariefiati, A., Sophan, M. K., & Darmawan, A. K. (2023). E-Government. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Jibran Ath Thaariq, Annisa Rahmadanita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












