Analisis Kualitas Isi Website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Di Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat
DOI:
https://doi.org/10.33701/jtkp.v7i1.5583Abstract
Keterbukaan informasi publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 menuntut badan publik menyediakan akses informasi secara transparan. Website PPID Kabupaten Sambas berperan sebagai media utama pelayanan informasi publik digital, namun masih menghadapi kendala pada penurunan pemohon informasi dan rendahnya performa website. Kondisi tersebut mendorong perlunya analisis kualitas website untuk meningkatkan efektivitas pelayanan informasi publik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kualitas isi website Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kabupaten Sambas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mix method. Alasan penelitian ini menggunakan mix method dengan desain explanatory sequential. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Website tersebut dinilai memiliki kualitas isi yang baik berdasarkan 13 indikator intrinsik. Kualitas isi website dinilai berdasarkan enam indikator operasional, yaitu ketersediaan, aksesibilitas, keterverifikasian, kerahasiaan, portabilitas, dan pemulihan. Kualitas isi dari website dinilai dari berbagai indikator kontekstual, yang mencakup keabsahan, nilai tambah, relevansi, spesialisasi, kegunaan, efisiensi, efektivitas, ketertelusuran, kepatuhan, dan presisi informasi. Kesimpulannya, Website menunjukkan kualitas isi yang baik dengan informasi yang akurat, kredibel, dan sesuai kebutuhan masyarakat, serta sistem yang efisien dan mudah diakses. Untuk peningkatan lebih lanjut, disarankan agar Pemerintah Kabupaten Sambas mengembangkan kompetensi petugas, melakukan sosialisasi rutin, dan memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak.
Kata Kunci: Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Kualitas Isi, Kualitas Website.
Downloads
References
Abduh, M. F. (2024). Strategi Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi Dan Statistik Kota Cilegon Dalam Meningkatkan Kualitas Ppid Kota Cilegon Tahun 2024 [Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.]. https://eprints.untirta.ac.id/39389/
Aji, G. G., Huda, A. M., Setianingrum, V. M., Indrajayani, G. G., Andriyanto, A., & Napitupulu, P. A. (2024). Pengembangan Inovasi Teknologi Berbentuk Website Direktori sebagai Upaya Branding Desa Wisata di Jawa Timur. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan Iptek, 20(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33658/jl.v20i1.389
Alika, B. (2024). Analisis Website Provinsi Jambi Sebagai Transparansi Pelayanan Publik Penyelenggaraan Pemerintahan Di Provinsi Jambi [IPDN]. http://eprints.ipdn.ac.id/17605/
Alparis, M. (2024). Analisa Kualitas Website Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Fassa, B. K. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan “Elektronik Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi” (Eppid) Pada Biro Humas Dan Kerjasama Internasional Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/117856/
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ismawan, D., & Irma, A. (2024). Pemanfaatan Website Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Dalam Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik. WATHAN: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2). https://jurnal.fanshurinstitute.org/index.php/wathan/article/view/70
Latsmira, L., & Perwata, Y. P. (2024). Analisis Akurasi Website Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Telekomunikasi, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.62951/bridge.v2i3.114
Lestari, P. A., Tasyah, A., Syofira, A., Rahmayani, C. A., Cahyani, R. D., & Tresiana, N. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital(E-Government)Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.808
Nangameka, T. I., & Amir, E. E. (2023). Uji Testing Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan GTMETRIX (Studi Kasus Website Resmi Pemerintah Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Banyuwangi) Teresa Irmina Nangameka. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtpm.v3i2.3601
Nurrahman, A., Dimas, M., Ma’sum, M. F., & Ino, M. F. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik Di Kabupaten Garut. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v3i1.2126
Rahmadanita, A., & Hidayat, E. (2023). Tren Penelitian Literasi Digital (Digital Literacy) Tahun 2012-2022: Sebuah Pendekatan Bibliometrik. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i2.3850
Rocha, Á. (2012). Framework for a global quality evaluation of a website. Online Information Review, 36(3). https://doi.org/10.1108/14684521211241404
Rozikin, M., Hesty, W., & Sulikah, S. (2020). Kolaborasi dan E-Literacy: Kunci Keberhasilan Inovasi E-Government Pemerintah Daerah. Jurnal Borneo Administrator, 16(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24258/jba.v16i1.603
Sosiawan, E. A. (2008). Evaluasi Implementasi E-Government pada Situs Web Pemerintah Daerah di Indonesia: Prespektif Content Dan Manajemen. Seminar Nasional Informatika, 2008(November 2007), 88–98. http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/759/639
Syahbana, M., & Helianus, R. (2024). Tingkat Transparansi Informasi Publik Pada Website Ppid Di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung [IPDN.]. http://eprints.ipdn.ac.id/19584/
Wannery, A., & Nurrahman, A. (2023). Analisis Kualitas Website Sipenduduk pada Dimensi Layanan dan Konten di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(2). https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i2.3862
Wannery, A., Nurrahman, A., & Sabaruddin. (2023). Analisis Dimensi Kualitas Teknis Website Sipenduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i1.3462
Waskito, M. W., & Kawuryan, M. W. (2024). Kualitas Pelayanan Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (Ppid) Dalam Menyediakan Informasi Publik Kepada Masyarakat Di Kota Makassar [IPDN]. http://eprints.ipdn.ac.id/17061/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sri Gati Ardiansyi, Agung Nurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












