Good Governance di Era Digital: Pemerintah Kabupaten Sumedang Sebagai Model Transformasi Pelayanan Publik

Authors

  • Rozalia Wardana Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Sumedang
  • Kurnia Asyahari Meilya Putri Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Khairatul Fatati Institut Pemerintahan Dalam Negeri

DOI:

https://doi.org/10.33701/jtkp.v7i1.5094

Keywords:

Transformasi Digital, Good Governance, E-Government, Pelayanan Publik, Kabupaten Sumedang

Abstract

Digitalisasi tata kelola pemerintahan menjadi strategi penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di tingkat lokal. Kabupaten Sumedang dipilih sebagai studi kasus karena dianggap pionir dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui inovasi seperti I-OPIS Desa, layanan WhatsApp, dan program Sumedang Connected. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi digitalisasi pelayanan publik di Sumedang serta tantangan yang dihadapi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh dari dokumen kebijakan, laporan SPBE, serta observasi non-partisipan terhadap penggunaan layanan digital, kemudian dianalisis dengan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi memperkuat efisiensi, transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat, tetapi masih menghadapi kendala berupa ego sektoral, kesenjangan digital, literasi teknologi, dan isu keamanan data. Temuan ini menegaskan bahwa keberhasilan digital Governance tidak hanya ditentukan oleh teknologi, melainkan juga regulasi, kepemimpinan, dan kolaborasi lintas sektor. Penelitian ini berkontribusi pada pengayaan literatur mengenai tata kelola digital di tingkat daerah serta memberikan implikasi praktis bagi penguatan pelayanan publik berbasis teknologi di Indonesia.

Kata Kunci: Tata kelola pemerintahan yang baik, digital governance, e-government, Sumedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswar, K., Julianto, W., Sumardjo, M., Panjaitan, I., & Nasir, A. (2023). An investigation of the factors affecting citizens’ adoption of e-government in Indonesia. Problems and Perspectives in Management, 21(2), 187–197. https://doi.org/10.21511/ppm.21(2).2023.21

Athallah, A. N. (2022). Kualitas Layanan Portal Open Data Banda Aceh (Odba) Dalam Keterbukaan Informasi Publik Di Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Kota Banda Aceh. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.33701/jtkp.v4i1.2698

Basri, Y. M., Findayani, T. I., & Zarefar, A. (2021). Implementation of Good governance To Improve the. Jurnal Akuntansi, 11(2), 123–136.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Chairiah, A. et al. (2020). Implementasi Sistem Merit pada Aparatur Sipil Negara di Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(3), 383–400.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC_Poqc

Fakhrudin, E., Umar, U., & Yuliadi, I. (2023). Efektivitas Penerapan SIASN Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sumbawa Barat.

Hazira, C. G. (2024). Penerapan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) dalam Prosedur Pengajuan Usul Pensiun Pegawai pada Kantor (BKD) Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sumatera Barat. Universitas Andalas.

Ibrahim, A. H. H., Baharuddin, T., & Wance, M. (2023). Bibliometric Analysis of E-government and Trust: A Lesson for Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 19(3), 269–284. https://doi.org/10.24258/jba.v19i3.1303

Indrayani. (2023). Efektivitas Pelayanan Usul Kenaikan Pangkat Dengan Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (Siasn) Pada Kantor Regional Iv Bkn Makassar.

Mustamin. (2023). Manajemen Talenta dan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara: Mengoptimalkan Kinerja ASN. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 4(2), 166–175.

Najich Alfayn, M. A. (2022). From E-government to Good governance: Examining the Impact of Digitalization on Public Service Delivery in Indonesia. JPW (Jurnal Politik Walisongo), 4(2), 19–40. https://doi.org/10.21580/jpw.v4i2.14873

Pramesti, A. A., & Mardhatillah, Y. (2023). Efektivitas Aplikasi Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi dalam Pelayanan Informasi Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(1), 62–86. https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i1.2851

Purnamasari, P., Binti Amran, N. A., Nu’man, A. H., Frendika, R., Mohamad Nor, M. N., & Ismail, M. S. (2023). The Relationship Between the Components of E-government Services Towards Corruption in Malaysia and Indonesia. KnE Social Sciences, 2023, 433–445.

https://doi.org/10.18502/kss.v8i18.14242

Sivarajah, U., Weerakkody, V., Waller, P., Lee, H., Irani, Z., Choi, Y., Morgan, R., & Glikman, Y. (2016). The role of e-participation and open data in evidence-based policy decision making in local government. Journal of Organizational Computing and Electronic Commerce, 26(1–2), 64–79. https://doi.org/10.1080/10919392.2015.1125171

Sunardi, S., Djazuli, A., Handayani, R. D., Hidayat, B. A., & Saksono, H. (2022). The Role of Human Development in Improving Local Government Performance Through Good Government Governance. Jurnal Bina Praja, 14(3), 571–582.

https://doi.org/10.21787/jbp.14.2022.571-582

Supratiwi, W., . I., & Angesti Octorizki, F. (2019). The Role of Good Government Governance on the Influence of E-government Implementation Toward Local Government Performance. KnE Social Sciences, 3(11), 540.

https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4033

Susanto Machmud, Y., . N., Lukman Irwan, A., . S., & Ilmi Utami Irwan, A. (2023). The Implementation of Good governance Principles in the Asset Management of Regional-Owned Enterprises of South Sulawesi Province. KnE Social Sciences, 2023, 840–856. https://doi.org/10.18502/kss.v8i17.14182

Wahyudi, R., Murdiyana, M., & Ikhbaluddin, I. (2024). Penilaian Tata Kelola Teknologi Informasi Berbasis Kinerja Organisasi Menggunakan Cobit 2019 dan Balanced Scorecard (Studi pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Kolaka Timur). Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 6(2), 313–329.

https://doi.org/10.33701/jtkp.v6i2.4756

Downloads

Published

2025-10-20