The Behavior of Using Online System of Public Aspirations and Complaints Service (LAPOR) in Mataram City

Penulis

  • Muhammad Iqbal Cheng Kung University, Taiwan
  • Cindy Yulita Virginia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33701/jtp.v12i2.947

Kata Kunci:

E-Government, E-Lapor, Participation, Mataram City

Abstrak

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang pada awalnya merupakan program pengaduan yang dipelopori oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UK4). Program ini juga mengikutsertakan seluruh instansi pemerintah sebagai penyelenggaraan pelayanan publik. Kemudian, dalam perkembangannya, Pemerintah Kota Mataram ikut serta dan bekerjasama dalam menggunakan aplikasi LAPOR! sebagai media untuk memfasilitasi aspirasi dan aduan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat dalam menggunakan aplikasi LAPOR! di Kota Mataram pada tahun 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method, dengan teori UTAUT. Adapun data yang didapatkan berdasarkan hasil wawancara dengan dinas terkait dan kuesioner yang disebar ke 70 masyarakat pengguna untuk kemudian diolah menggunakan aplikasi PLS dan SPSS. Dari hasil uji tersebut didapatkan hasil bahwa variabel performance expectancy, effort expectancy, sosial influence memiliki pengaruh yang signifikan terhadap behavioral intention. Sedangkan untuk variabel facilitating condition, behavioral intention memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penggunaan aplikasi LAPOR!. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai P value <0,005 dan nilai T statistic >1.96 sehingga disimpulkan setiap hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini diterima..

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

Dec 25, 2020

Cara Mengutip

Iqbal, M., & Virginia, C. Y. (2020). The Behavior of Using Online System of Public Aspirations and Complaints Service (LAPOR) in Mataram City. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 12(2), 125–140. https://doi.org/10.33701/jtp.v12i2.947