Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Pemerintah Kota Pagar Alam

Penulis

  • Ruth Roselin Erniwaty Nainggolan Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Muhammad Hafizh Aqil Biro Umum dan Perlengkapan Provinsi Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i2.3837

Kata Kunci:

Aplikasi Pemerintah, Kepuasan Pengguna Web,, Usability

Abstrak

Peluang pemerintah melakukan pelayanan publik berbasis elektronik sangat besar karena penentrasi internet Indonesia mencapai 77,02%. Pagar Alam saat ini telah mengembangkan sebuah website dengan alamat website yaitu www.Pagar Alamkota.go.id. Dalam meningkatkan kualitas website, dibutuhkannya evaluasi bagaimana kepuasan pengguna terhadap website yang dibangun oleh pemerintah.  Usability testing menjelaskan ada beberapa faktor yang diduga mempengaruhi kepuasaan pengguna yaitu learnability, efficiency, memorability dan error. Penelitian ini bertujuan mengukur pengaruh learnability, efficiency, memorability, error terhadap satisfaction pada website Pemerintah Kota Pagar Alam dengan analisis regresi linier dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi-dimensi yang diajukan oleh Nielsen (1993) sebagai faktor yang mempengaruhi satisfaction terbukti berpengaruh positif. Namum hal yang khusus ditemukan pada faktor error menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap satisfaction. Temuan ini memerlukan penelitian lanjutan yang disarankan menggali lebih dalam dengan pendekatan kualitatif untuk menemukan kondisi sebenarnya di lapangan. Secara bersama-sama seluruh variabel memiliki korelasi yang cukup dengan satisfaction.

Kata Kunci: Aplikasi Pemerintah, Kepuasan Pengguna Web, Usability.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ruth Roselin Erniwaty Nainggolan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Staf UPM IPDN

##submission.downloads##

Diterbitkan

Dec 21, 2023