PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK PELAKU USAHA RUMAHAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DI DESA MANJALLING KECAMATAN BAJENG BARAT, KABUPATEN GOWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pemerintah desa dalam meningkatkan peasaran produk usaha rumahan melalui pemanfaatan produk usaha rumahan melalui pemanfaatan media sosial di desa Manjalling, Kecamatan bajeng Barat, Kabupaten Gowa. Metode peneltian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dimana masalah yang dikaji dalam peran pemerintah desa dalam meningkatkan pemasaran produk pelaku usaha. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu terjadinya peningkatan pemasaran produk usaha yang melalui pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran produk hasil usaha di Desa Manjalling menjadi cukup baik. Pelaku usaha rumahan yang memiliki akun media sosial telah memanfaatkannya sebagai sarana pemasaran produk hasil usahanya.
Downloads
References
Cahyono, A. S. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79
David Stillman & Jonah Stillman , 2018, Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja Pengarang, Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.
Kaplan, Andreas M. & Haenlein, Michael, 2010, Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media, Business Horizons 53, 59—68, Retrieved from, https://www.researchgate.net/publication/222403703_ Users_of_the_World_Unite_The_Challenges_and_Opportunities_of_Social_Media.
Maoyan etal. 2014. “Consumer Purchase Intention Research Based on Social Media Marketing”. International Journal of Business and Social Science. Vol. 5 No. 10 (1), p. 92-97. Retrieved from, http://ijbssnet.com/journals/ Vol_5_No_10_1_September_2014/12.pdf
Maria, Vinsensia Beku, 2021, Kapasitas Pemerintah Desa Dalam Pemberdayaan Usaha Mikrokecil Menengah (UMKM). Retrieved from http://repo.apmd.ac.id/1493/1/MARIA%20VINSENSIA%20BEKU_17520036.pdf
Moch. Hari Purwidiantoro, Dany Fajar Kristanto SW, Widiyanto Hadi, 2016, Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm), Jurnal Eka Cida, 1(1), 30-39, Retrieved from, https://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/viewFile/19/11
Napitu, U., Corry, & Matondang, M. K. D. (2021). Sosialisasi pembatasan pelaksanaan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di kelurahan bah Kapul. Community Development Journal, 2(2), 232–241. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/ index.php/cdj/article/view/1698/1272
Surenggono Surenggono, Atty Erdiana, Siti Djamilah, 2021, Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(1), 26-30, Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/ view/13178/7767
Suryani, Ita, 2014, Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat), Jurnal komunikasi, Universitas Islam Indonesia, 8 (2), 123-138, https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471.
Tinggogoy, Deiby & Ngongano, Yuliana. (2018). Peran Pemerintah Desa Dalam Pembangunan (Studi kasus di Desa Laba Besar, Kecamatan Loloda Selatan). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/ 328966901_Peran_Pemerintah_Desa_Dalam_Pembangunan_Studi_kasus_di_Desa_Laba_Besar_Kecamatan_Loloda_Selatan
Wasistiono, Sadu & Tahir, Irwan, 2006: Prospek Pengembangan Desa, Bandung: CV. Fokusmedia
Widayati, widayati, & Augustinah, fedianty. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Dialektika: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 4(2), 1–20. Retrieved from https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/dialektika/ article/view/345
Winarti, Cici, 2021, Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19, Universitas Tanjungpura, Retrieved from https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/19.pdf
Copyright (c) 2021 Hashiyatul Fadiah, Muhamad Rivandi Setiawan, Irfan Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.