PENGARUH KOMITMEN DAN PROFESIONALISME TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN SUMEDANG PROVINSI JAWA BARAT

  • Dadang Supriatna Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Keywords: komitmen, profesionalisme, efektivitas pelayanan publik

Abstract

Komitmen dan Profesionalime Pegawai Berdampak langsung terhadap Efektivitas Pelayanan Publik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 9 Tahun 2014 tentang Pembentukan Organisasi dan tata kerja Dinas Kabupaten Sumedang.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumedang berkedudukan sebagai unsur pelaksana pemerintah daerah di bidang Catatan sipil sekaligus melaksanakan sebahagian tugas Pemerintah Daerah dalam menata manajemen kependudukan yang akuntabel, transparan dan memiliki daya saing yang tinggi terhadap tugas dalam upaya mempercepat Terwujudnya Good Local Corporate yang ditunjang oleh Sumber Daya Aparatur professional sesuai Kompetensi yang dimilki.”

Desain penelitian ini menggunakan Konklusif di mana Metode Deskriptif untuk mengulas dan menggambarkan data serta keseluruhan informasi hasil penelitian yang diperoleh serta Metode veriϐikatif untuk memeriksa dan melakukan pegujian kuantitatif terhadap,Hubungan antar variabel penelitian yang diduga saling memengaruhi sekaligus mengukur seberapa besar dampak variabel bebas terhadap variabel terikat. Teknik pengumpulan data yaitu dengan Observasi, wawancara, Kuesioner dan telaah Dokumen.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Semakin tinggi Komitmen dan Profesianalisme pegawai maka semakin Tinggi Efektivitas pelayanan publik sebaliknya jika Komitmen dan Profesionalisme rendah maka Efektivitas pelayanan menurun.

Agar Terciptanya Efektivitas Pelayanan publik pada DISDUKCAPIL Kabupaten Sumedang Dengan peningkatan Komitmen dan Profesionalisme pegawai maka dirasa perlu pengawasan dan pembinaan secara periodik sehingga mengdapatkan masukan yang akurat untuk menentukan Kebijakan dalam rangka peningkatan Efektivitas Pelayanan Publik.

Kata kunci: komitmen, profesionalisme, efektivitas pelayanan publik

 

References

Albrow, Martin, Karim, Rusli M, Daryanto, Totok (Pen). 1996. Birokrasi, Jogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya.
Alrasyid, Harun, 1994, Statistik Sosial, UNPAD, Bandung
Amidjaya,Tisna, 1980, Pedoman Pelaksanaa Pola Pembaharuan Sistem Pendidikan Tenaga Pendidikan di Indonesia, Buku II, Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Batinggi. 1997. Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen s Charter . Hal 78 Pustaka Pelajar. Jogjakarta.
Boediono. 1996. Teori Administrasi Publik.
Alfabeta. Bandung.
Boydell. 2006. Handbook for Costumer Satisfaction. NTC Bussiness Book. Lincolnwood. Illionois. Edisi Indonesia. Elex Media. Jakarta.



Dwiyanto, Agus, 2005, Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Cetakan Pertama, PSKK, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Herawati, Elis. Jurnal Analisis Sumber dan Penggunaan Modal Kerja untuk menjaga Kontinuitas Operasional dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Universitas Negeri Malulana Malik Ibrahim Malang 2009. (7 April 2018)
Gasperz, Vincent. 1994. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa. PT. Gramedia Pustaka. Jakarta.
Gie, Liang The, 1999, Administrasi Perkantoran Modern, Yogyakarta, Liberty.
Herdyansyah. 2001. Kualitas pelayanan publik, konsep, indikator dan imlementasinya.. Penerbit gava media. Yogyakarta.
Irianto, J. 2001. Isu-isu Strategis Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Penerbit Insan Cendikia. Surabaya.
Jewell dan Siegall. 1998. Manajemen Sumber Daya Manusia. Andi Offset. Jogjakarta.
Kaloh, J, 2002, Mencari Bentuk Otonomi Daerah: Suatu Solusi dalam Menjawab Kebutuhan Lokal dan Tantangan Global, Rineka Cipta; Jakarta.
Kusmana 1997. Analisis terhadap Aspek- aspek kepemimpinan yang memengaruhi stabilitas dan prestosi, Bandung: Institut Keguruan dan Pendidikan.
Kuncoro, Mudrajat, Ph.D, 2003. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kristiadi,J.B. 1998. Deregulasi dan debirokratisasi dalam upaya peningkatan mutu pelayanan. Jakarta: LP3S.
Margono, Adi. 2003. Metodologi Ilmu Pemerintahan, Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy, 2009 Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Moenir, H.A.S, 2000, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara.
2006. Manajemen Kualitas Pelayanan. STIA-LAN Press. Jakarta.
Mulyasa, E, 2003, Kurikulum Berbasis Kopetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ndraha, Taliziduhu, 1997. Metodologi Ilmu Pemerintahan, Jakarta: Rineka Cipta.
Nilasari, 2008 Tesis, Pengaruh perbedaan usia dan gender atasan bawahan terhadap komitmen organisasi dan kepuasaan kerja karyawan Telkomsel Jakarta (UI ac.id/ϐile/ digital/(11 April 2018)
Nugroho, 2001. Ilmu Pemerintahan I. Jakarta: BKU Ilmu Pemerintahan Kerjasama IIP-UNPAD.
Osborne, David dan Ted Gaebler, 1995.
Mewirausahakan Birokrasi:
Mentransformasi semangat wirausaha ke dalam Sektor Publik, Cetakan I, Terjemahan Abdul Rosyid, Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.
Osborne, Gaebler. 1998. Mewirausahakan Birokrasi. Penerjemah: Abdul Rosyid. Cetakan keempat oleh. CV Teruna Grraϐica.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2013. Manajemen Pelayanan. Pengembangan model Konseptual, Penerapan Citizens Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Rosita, Aryani.2010. Jurnal IlmuAdministrasi dan Organisasi, Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Program Studi administrasi Departemen ϐisip. Universitas Indonesia
Sanapiah. 2000. Efektivitas Pemerintahan dan Otonomi Daerah. PTIK Pres Jakarta dan CV. Restu Agung. Jakarta.
Salusu. 1996. Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Pelayanan. Bogor.
Sayuti, Jurnal tentang live skill dan ketrampilan mengajar Universitas Airlangga2010. http://damandiri. or.id/ϐile/ahmadsuyutiunairbab2. pdf (9 April 2018)
Sedarmayanti, 2004,Good Governance (Kepemerintahan yang Baik), Penerbit CV. Mandar Maju, Bandung.

Siagian, Sondang P. 1995. Organisasi Kepemimpinan Dan Perilaku Administrasi. Jakarta, Gunung Agung.
Singarimbun M, Effendi. 1989. Metode penelitian Survei. Yogyakarta: LP3ES.
Sjabadhyni, dkk. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia: Kebijakan Kinerja Karyawan, Kiat Membangun Organisasi Kompetitif Menjelang Perdagangan Bebas Dunia. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Penerbit BPFE. Yogyakarta.
Supranto. J. 2009. Statistik: Teori dan Aplikasi Jilid I edisi 7. Penerbit: Erlangga. Surabaya.
Suriasumantri, J.S. 1981. Ilmu Dalam Perspektif Moral, Sosial dan Politik: Sebuah Dialog tentang Dunia Keilmuan. Jakarta: Gramedia.
Susanto, Astrid S. 1997, Komunikasi Kontemporer. Bandung: Binacipta.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Published
2019-06-20