Dimensi Tangible Dalam Pelayanan di Puskesmas Papakelas Kecamatan Tondano Timur
DOI:
https://doi.org/10.33701/jipsk.v8i1.3347Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dimensi Tangible dalam pelayanan di Puskesmas Papakelan Kecamatan Tondano Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jumlah informan enam orang dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dimensi Tangible pelayanan di Puskesmas Papakelan Kecamatan Tondano Timur belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena diketahui menurut data penelitian pelayanan yang diberikan masih terkendala dengan kurangnya tenaga sumber daya, sarana dan prasarana yang tidak lengkap dan rusak, prosedur pelayanan yang tidak diketahui pada beberapa pasien, dan respon masyarakat yang tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Untuk itu disarankan agar dapat mengusulkan penambahan SDM di Puskesmas kepada Dinas Kesehatan, melengkapi infrastruktur dan memperbaiki infrastruktur yang rusak, menyampaikan kepada setiap pasien garis besar proses pelayanan di Puskesmas, mendengar kritik beserta saran dan masukan yang diberikan oleh masyarakat untuk perbaikan pelayanan.