Dimensi Tangible Dalam Pelayanan di Puskesmas Papakelas Kecamatan Tondano Timur

Penulis

  • Margareth Rantung Universitas Negeri Manado
  • Megalia Kaseger Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.33701/jipsk.v8i1.3347

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Dimensi Tangible dalam pelayanan di Puskesmas Papakelan Kecamatan Tondano Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jumlah informan enam orang dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dimensi Tangible pelayanan di Puskesmas Papakelan Kecamatan Tondano Timur belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena diketahui menurut data penelitian pelayanan yang diberikan masih terkendala dengan kurangnya tenaga sumber daya, sarana dan prasarana yang tidak lengkap dan rusak, prosedur pelayanan yang tidak diketahui pada beberapa pasien, dan respon masyarakat yang tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Untuk itu disarankan agar dapat mengusulkan penambahan SDM di Puskesmas kepada Dinas Kesehatan, melengkapi infrastruktur dan memperbaiki infrastruktur yang rusak, menyampaikan kepada setiap pasien garis besar proses pelayanan di Puskesmas, mendengar kritik beserta saran dan masukan yang diberikan oleh masyarakat untuk perbaikan pelayanan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

Jun 30, 2023

Cara Mengutip

Rantung, M., & Kaseger, M. (2023). Dimensi Tangible Dalam Pelayanan di Puskesmas Papakelas Kecamatan Tondano Timur. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 8(1), 83–94. https://doi.org/10.33701/jipsk.v8i1.3347