IMPLEMENTATION OF PUBLIC SERVICES IN THE ERA OF THE COVID-19 ENDEMY TRANSITION AT THE REGIONAL POPULATION AND CIVIL REGISTRATION DEPARTMENT OF TOMOHON CITY

Penulis

  • Jeane Mantiri
  • Cynthia Maria Siwi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33701/jipsk.v7i1.2528

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum implementasi Pelayanan Publik era transisi endemi covid-19 pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tomohon dalam mengimplementasikan aplikasi layanan online e-Dukcapil Tomohon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelayanan di era transisi endemi covid-19 dengan penerapan aplikasi pelayanan online oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tomohon belum baik. Terlihat dari 3 indikator yaitu transparansi, partisipasi dan efisiensi, pelayanan berbasis aplikasi online belum maksimal dalam memberikan informasi kemajuan pelayanan kepada masyarakat, partisipasi masyarakat dan petugas pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tomohon. juga belum optimal dalam memanfaatkan teknologi yang ada dan layanan yang diberikan. diharapkan lebih cepat dengan adanya teknologi informasi yang belum sepenuhnya terealisasi, hal ini juga dipengaruhi oleh adanya permasalahan pada penerapan aplikasi layanan online e-Dukcapil Tomohon seperti penguasaan teknologi dari petugas layanan dan juga masyarakat yang membuat layanan online masih belum bisa berjalan dengan baik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

Jul 1, 2022

Cara Mengutip

Mantiri, J., & Siwi, C. M. (2022). IMPLEMENTATION OF PUBLIC SERVICES IN THE ERA OF THE COVID-19 ENDEMY TRANSITION AT THE REGIONAL POPULATION AND CIVIL REGISTRATION DEPARTMENT OF TOMOHON CITY. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 7(1), 32–41. https://doi.org/10.33701/jipsk.v7i1.2528