A Bibliometric analaysis: Public Health Services in Singapore and Thailand

Penulis

  • Jihan Fadhilah Alrizal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Achmad Nurmandi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Aulia Nur Kasiwi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33701/jipsk.v7i1.2501

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan sejauh mana layanan publik di sektor kesehatan disediakan di Singapura dan Thailand. Metode penelitian termasuk teknik penelitian kualitatif dalam hubungannya dengan metodologi tinjauan literatur. Studi ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan objek penelitian yang berasal dari paper yang dipublish dari 2017-2022 dalam database Scopus. Sistem pelayanan rumah sakit didua negara memiliki perbedaan yaitu, Singapura hanya memiliki rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah dengan pelayanan yang baik dan cepat, sedangkan di Thailand memiliki dua sistem  pelayanan rumah sakit yaitu yang dikelolah oleh rumah sakit yang dikelola oleh asing dan rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah. Dua negara ini sudah menjadikan pelayanan sektor kesehatan sebagai health tourism. Sektor publik menemukan kembali model bisnisnya sebagai tanggapan atas kebutuhan peningkatan efisiensi pemberian layanan. Penerapan teknologi digital dalam penyampaian layanan publik dapat membantu dalam transisi paradigma dari reaktif menjadi tuntutan warga menjadi proaktif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

Jul 1, 2022

Cara Mengutip

Alrizal, J. F., Nurmandi, A., & Kasiwi, A. N. (2022). A Bibliometric analaysis: Public Health Services in Singapore and Thailand. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33701/jipsk.v7i1.2501