MANAJEMEN PEMERINTAHAN DALAM INOVASI PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KARAWANG (STUDI PADA APLIKASI TANGGAP KARAWANG ATAU TANGKAR)

Authors

  • Irena Anggrayni Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33701/jpkp.v4i1.2458

Keywords:

Manajemen, Pengaduan Masyarakat, TANGKAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pemerintahan dalam aplikasi pengaduan masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten Karawang berupa pembuatan aplikasi TANGKAR dalam mengorganisasi dan menyelesaikan pengaduan dari masyarakat Karawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang didasarkan pada teori manajemen yang dikemukakan oleh George R Terry yang ditinjau oleh beberapa aspek seperti: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bersifat naratif. Sumber data yang diperoleh yaitu berupa data primer yang berasal dari informan secara langsung dan data sekunder berasal dari data-data pendukung lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi secara langsung, wawancara yang mendalam kepada narasumber dan instrumen pendukung yang diperkuat dengan adanya dokumentasi, dan didukung oleh data sekunder yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen aplikasi ini cukup baik dan aplikasinya cukup bermanfaat dalam menangani berbagai pengaduan yang diberikan dan di bagikan di media sosial
namun ada beberapa hal yang menjadi sebuah evaluasi dan perbaikan bagi aplikasinya yaitu berupa admin yang harus diperbanyak, aplikasi yang butuh perawatan lanjutan agar tidak sering terjadinya error.


Kata Kunci: Manajemen, Pengaduan Masyarakat, TANGKAR

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

Jul 20, 2022