KEBIJAKAN MANAJEMEN PEMERINTAHAN DALAM INOVASI PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI KABUPATEN KARAWANG (STUDI PADA APLIKASI TANGGAP KARAWANG ATAU TANGKAR)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pemerintahan dalam aplikasi pengaduan masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten Karawang berupa pembuatan aplikasi TANGKAR dalam mengorganisasi dan menyelesaikan pengaduan dari masyarakat Karawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang didasarkan pada teori manajemen yang dikemukakan oleh George R Terry yang ditinjau oleh beberapa aspek seperti: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang bersifat naratif. Sumber data yang diperoleh yaitu berupa data primer yang berasal dari informan secara langsung dan data sekunder berasal dari data-data pendukung lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi secara langsung, wawancara yang mendalam kepada narasumber dan instrumen pendukung yang diperkuat dengan adanya dokumentasi, dan didukung oleh data sekunder yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen aplikasi ini cukup baik dan aplikasinya cukup bermanfaat dalam menangani berbagai pengaduan yang diberikan dan di bagikan di media sosial
namun ada beberapa hal yang menjadi sebuah evaluasi dan perbaikan bagi aplikasinya yaitu berupa admin yang harus diperbanyak, aplikasi yang butuh perawatan lanjutan agar tidak sering terjadinya error.
Kata Kunci: Manajemen, Pengaduan Masyarakat, TANGKAR
Downloads
References
Ajeng Maryuani Kusmayadi, W. U. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH KARAWANG DALAM . NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1184-1194.
Elda Riani, M. R. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM TANGGAP KARAWANG OLEH DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KANUPATEN KARAWANG. MODERAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 414-428.
Saras Desca Lestaria, F. H. (2020). Strategi Institution Image Bidang Penaatan Peraturan . Journal of Southeast Asian Communication, 1.
Buku
Darmawan, N. (2019). E-Govenrment:Implementasi Strategi dan Inovasi. Yayasan Kita.
Muhadjir, N. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Syafiie, I. K. (2011). Manajemen Pemerintahan. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Peraturan Pemerintah
Instruksi Presiden RI Nomor 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.
Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik.
Internet
ashymee. (2019, februari 26). Launching Aplikasi TANGKAR (Tanggap Karawang). Retrieved from diskominfo.karawangkab.go.id: https://diskominfo.karawangKabupatengo.id/berita/launching-aplikasi-tangkar-tanggap-karawang
Fadillah, A. S. (2019, maret 17). DPRD: Aplikasi Tanggap Karawang Perlu Diperbaiki. Retrieved from Jurnal Jabar: https://www.jurnaljabar.id/bewara/dprd-aplikasi-tanggap-karawang-perlu-diperbaiki-b1XcO9Ko
Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik (JP dan KP) Vol. 4, No. 1, Februari 2022 | 17
Libernesia. (2021, desember 7). Kadiskominfo Ungkap Kesulitan Layani Aduan Masyarakat Karawang, Ini Penyebabnya. Retrieved from Libernesia.com: https://www.libernesia.com/umum/pr-2612073473/kadiskominfo-ungkap-kesulitan-layani-aduan-masyarakat-karawang-ini-penyebabnya
Libersiana. (2021, desember 7). Kadiskominfo Ungkap Kesulitan Layani Aduan Masyarakat Karawang, Ini Penyebabnya. Retrieved from Libersiana.com: https://www.libernesia.com/umum/pr-2612073473/kadiskominfo-ungkap-kesulitan-layani-aduan-masyarakat-karawang-ini-penyebabnya
Play, G. (2021, desember 29). TANGKAR (TANGGAP KARAWANG). Retrieved from GooglePlay.com: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.karawangkab.tangkar
Redaksi. (2021, desember 3). TANGKAR Kok Gak Tanggap? Warga Lebih Milih Lapor Pak Kaporles. Retrieved from Onediginewa.com: https://www.onediginews.com/tangkar-kok-gak-tanggap-warga-lebih-milih-lapor-pak-kapolres/