ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR CAMAT SIJUNJUNG

Authors

  • Verigif Alnev Pascasarjana Universitas Andalas
  • Ifdal .
  • Faidil Tanjung

DOI:

https://doi.org/10.33701/jipwp.v44i1.245

Keywords:

Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat, Administrasi Kependudukan

Abstract

Salah satu jenis pelayanan yang diberikan pemerintah adalah pelayanan administrasi kependudukan. Administrasi kependudukan menghasilkan data kependudukanyang sangat dibutuhkan dalam sinergitas pembangunan. Berlakunya Undang-undang tentang pemerintahan daerah, membuat tanggung jawab penyelenggaraan administrasi kependudukan berada di daerah. Kantor Camat Sijunjung sebagai salah satu organisasi perangkat daerah di Pemerintah Kabupaten Sijunjung bertugas secara langsung memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakatterhadap pelayanan administrasi kependudukan yang diberikan Kantor Camat Sijunjung sesuai dengan 14 indikator berdasarkan Kepmenpan No.25/KEP/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan instrumen penelitian berupa kuisoner. Pengambilan sampel dengan teknik Insedential Sample dengan responden yang ditetapkan berjumlah 150 orang. Berdasarkan hasil analisis, indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Camat Sijunjung adalah 76,87 dengan predikat baik. Hal ini berarti bahwa kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Camat Sijunjung baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kepmenpan Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

Kepemenpan Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Moenir. H. A. S. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara. 228 hal.

Nurcholis, Hanif. (2005). Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. 216 hal.

Sinambela, Lijan Poltak.(2008). Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta : Bumi Aksara. 192 hal.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. 334 hal.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta. 806 hal.

Trisantono, Bambang Soemantri. (2011). Pedoman Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Bandung: Fokusmedia. 303 hal.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Published

Jan 14, 2019

How to Cite

Alnev, V., ., I., & Tanjung, F. (2019). ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KANTOR CAMAT SIJUNJUNG. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 44(1), 49–60. https://doi.org/10.33701/jipwp.v44i1.245

Issue

Section

Articles