KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI ERA PANDEMIC COVID 19 PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v3i2.2366Keywords:
Kualitas Pelayanan Publik, pandemic covid 19Abstract
Diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar, maupun penetapan pembatasan kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh Kabupaten Bandung, mempengaruhi pelayanan publik di Dinas DUKCAPIL Kabupaten Bandung, sehingga tujuan penelitian ini ingin mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan publik yang dilakukan Dinas DUKCAPIL Kabupaten Bandung diera pandemi covid 19 yang belum mereda dan selesai ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, deskriptif dengan pendekatan induktif, dan untuk mendapatkan data primer peneliti melakukan wawancara dengan berbagai pihak terkait di Dinas DUKCAPIL dan masyarakat sekitar, sedangkan data sekunder dengan mendapatkan data dari dokumendokumen serta berbagai bukti yang dapat dijadikan bahan untuk dapat dibuatkan sebuah laporan dalam bentuk tulisan ilmiah, dan kesimpulannya adalah, pelayanan public dokumen DUKCAPIL yang dilakukan oleh Dinas DUKCAPIL tetap berjalan, dan dilakukan dengan secara on-line, jadi pelayanan tidak dilakukan secara tatap muka, sedangkan pelayanan yang harus dengan tatap muka, dibatasi termasuk pengunjung dan pegawai yang melayani masyarakat. Dengan system on-line tidak semua masyarakat dapat melaksanakannya secara baik, sehingga dalam implementasinya masih mengalami hambatan-hambatan, dan masyarakat merasakan ketidak puasan dalam pelayanannya.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Publik, pandemic covid 19