Inovasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi Whatsapp di Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana Kota Tegal
DOI:
https://doi.org/10.33701/jmb.v7i1.5481Keywords:
Inovasi Pelayanan Publik; Aplikasi WhatsApp; Digitalisasi Pelayanan Publik.Abstract
Inovasi pelayanan publik memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya dalam proses pelayanan publik di kelurahan. Salah satu wujud inovasi pelayanan publik di Kelurahan Pesurungan Lor melalui aplikasi Whatsapp. Tujuan penelitian ini adlaah untuk mendeskripsikan dan menganalisis inovasi pelayanan publik melalui aplikasi Whatsapp di Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kuasi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan telah memenuhi karakteristik keuntungan relatif, kesesuaian, kemudahan, tingkat kerumitan, dan kemungkinan dicoba. Pelayanan publik melalui Whatsapp memiliki keuntungan relatif, yaitu dapat menjawab tuntutan masyarakat terutama bagi masyarakat yang tidak dapat datang secara langsung ke kelurahan untuk mengurus berkas/dokumen. Inovasi tersebut pun telah berkesesuaian dengan kebutuhan masyarakat, memberikan kemudahan bagi masyarakat, dan inovasi pelayanan tersebut memungkinkan untuk dicoba dan dilanjutkan pada pelayanan di masa depan. Adapun tingkat kerumitan pelayanan telah didukung oleh kejelasan prosedur pelayanan. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengembangan model inovasi pelayanan publik berbasis aplikasi pesan instan yang bersifat low-cost dan mudah direplikasi oleh pemerintah daerah lain. Kesimpulannya, inovasi pelayanan publik melalui aplikasi Whatsapp di Keluratan pesurungan Lor telah memenuhi lima karakteristik inovasi, namun masih menghadapi dua tantangan yaitu berkaitan dengan sarana prasana dan aspek sumber daya manusia.
Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik; Aplikasi WhatsApp; Digitalisasi Pelayanan Publik.
Downloads
References
Apriliani, B. S., Santoso, S., & Badar, R. (2024). Pengembangan E-Government melalui Web Tangerang Gemilang (Whatsapp) dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran di Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10477255
Asqalami, A., Mustofa, A., & Roekminiati, S. (2023). Sosialisasi Pelayanan Publik Penggunaan E-Wargaku Untuk Peningkatan Pengaduan dan Menampung Aspirasi Masyarakat di Kota Surabaya. Soetomo Administrasi Publik. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/7238
Astuti, R. D. (2018). Analisis Kinerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Pesurungan Lor Kecamatan Margadana Kota Tegal (TA) [Politeknik Harapan Bersama Tegal]. http://perpustakaan.poltektegal.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12089
Cahyono, T. D., Mardinata, E., Suarantalla, R., Aliyah, J., Ismiyarti, W., & Irawati. (2024). Optimasi Pelayanan Publik Melalui Sosialisasi Dan Pelatihan Penggunaan Opensid Di Masyarakat Desa Tatede. Communnity Development Journal, 5(1). https://core.ac.uk/reader/595494460
Fadillah, N. (2023). Implementasi Pelayanan Publik Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Melalui Program Panda (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp) [Universitas Hasanuddin]. https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/28023/
Furqoni, M. (2014). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ponorogo. Journal Publika, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/publika.v2n3.p%25p
Hamidah, S. V. W. (2022). Sosialisasi Pelayanan Publik Berbasis Website Plavon Melalui Akun Instagram @Dispendukcapilsidoarjo [Universitas Bhayangkara Surabaya]. http://eprints.ubhara.ac.id/2065/
Ibrahim, A. Y., & Isbandono, P. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Chatbot Whatsapp ‘Mojoketo Excelent Court’(Moxer) Di Pengadilan Negeri Mojokerto Kelas 1a Kabupaten Mojokerto. Inovant, 2(1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/innovant/article/view/27757/10861
Kurniasih, L. W., & Widowati, N. (2016). Pelayanan Publik Dalam Menciptakan Pelayanan Prima Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pemalang. Journal Of Public Policy And Management Review, 5(2). https://doi.org/10.14710/jppmr.v5i2.10989
Kusnendar, A. (2018). Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik Di Desa Cijulang Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i3.1659
Lian, E., Kawuryan, M. W., & Rusfiana, Y. (2023). Kualitas Layanan Online Berbasis Whatsapp dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. Public Service And Governance Journal, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.752
Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia.
Nurrahman, A., Sabaruddin, S., & Salma, R. N. L. (2022). Optimalisasi Aplikasi Ppid Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Publik Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kebumen. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jpkp.v4i2.2878
Prihatin, M., Rusli, Z., & As’ari, H. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Dumai Kota. Jurnal Niara, 14(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/niara.v14i3.7378
Rahardjo, M. (2023). Apa itu kuasi kualitatif? http://repository.uin-malang.ac.id/15379/
Riani, N. K. (2021). Strategi Peningkatan Pelayanan Publik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11).
Riduan, M., Rahmadanita, A., & Nurrahman, A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin (Studi Pada Aplikasi M-Paspor Dan Layanan Micin Darurat). Jurnal Media Birokrasi, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jmb.v5i2.3766
Rijal, R., Iriawan, H., Irwan, I., Leiwakabessy, D. R., Sahat, A., & Sigalingging, M. (2023). Pemanfaatan Media Sosial untuk Pelayanan Publik yang Terintegrasi (Kajian Pelayanan Administrasi Melalui Aplikasi Whatsapp di Kantor Kelurahan Karang Mulya Kabupaten Biak Numfor). JPDL (Jurnal Pengabdian Dharma Laksana), 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.32493/j.pdl.v5i2.28118
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations, 5th Edition. Free Press. https://books.google.co.id/books?id=9U1K5LjUOwEC
Sabeni, H., & Setiamandani, E. D. (2020). Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(1).
Santoso, E. B., Mahendra, H. N. I., Rahmadanita, A., & Nurnawati, E. (2021). Pelayanan Drive Thruktp-El Di Kabupaten Blitar. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 47(1). https://doi.org/10.33701/jipwp.v47i1.1961
Setyawatiningsih, S. C., Parmonangan, A., Panggabean, Mufid, M. Z. Al, Hanifah, N. A., Suci, Fitri, N. A. S., & Dasih, T. A. A. (2022). Layanan Masyarakat Administrasi Desa Berbasis Digital Melalui Media Whatsapp Di Desa Seminai. Journal of Comprehensive Science, 1(2).
Silaban, J., & Yuningsih, N. Y. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Elektronik: Analisis Aplikasi Whatsapp untuk Kebutuhan Informasi dan Pelayanan Online di Sebuah Desa di Kabupaten Sumedang pada Tahun 2021. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(10). https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3107
Susanti, A., Kusmanto, H., & Tarigan, U. (2018). Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 6(1). https://doi.org/10.31289/publika.v6i1.1526
Wue, B. C. J., & Rahmadanita, A. (2024). Increasing The Capacity Of Village Apparatus In Implementing Public Service Functions In Baciro Village, Gondokusuman Sub-District, Yogyakarta City. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 12(2). https://doi.org/10.33701/jmsda.v12i2.4519
Zein, A. W., Anggraini, D., & Malau, R. A. (2025). Peran Digitalisasi dalam Efisiensi Pelayanan Publik: Studi Ekonomi Publik Digital. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis Dan Digital, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v2i2.525
