MEDIA SOSIAL DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA: Studi Kampanye Online dan Peluang Keterpilihan
DOI:
https://doi.org/10.33701/jppdp.v15i2.2672Kata Kunci:
pilkades, media sosial, kampanye onlineAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis penggunaan media sosial untuk kampanye online dalam pemilihan kepala desa (pilkades) dan peluang calon untuk terpilih. Media sosial yang dulunya hanya sebagai sarana hiburan, kini dilirik oleh para politisi sebagai ruang baru untuk mendapatkan dukungan pemilih dalam pemilu (pileg, pilpres, pilkada). Namun, kajian untuk pilkades belum dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif pada Pilkades Desa Padangan 2020 Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan 12 informan yang dipilih secara purposive dan melalui observasi, serta data sekunder dari dokumen pilkades. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan media sosial dapat menjadi peluang besar untuk mendukung calon kepala desa dalam meraih popularitas dan kemenangan dalam pilkades jika seorang calon kepala desa dapat menggunakan media sosial untuk kampanye online dengan tepat. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penggunaan media sosial dalam kampanye online calon kepala desa antara lain: Pertama, siapa yang terlibat dalam kampanye online. Kedua, jenis media sosial yang digunakan. Ketiga, konten kampanye yang disajikan.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).