MEDIA SOSIAL DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA: Studi Kampanye Online dan Peluang Keterpilihan

Penulis

  • Septaria Permatasari 085328176397
  • Fitriyah Fitriyah Universitas Diponegoro
  • Muhammad Adnan Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.33701/jppdp.v15i2.2672

Kata Kunci:

pilkades, media sosial, kampanye online

Abstrak

Penelitian ini bertujuan   menganalisis penggunaan media sosial untuk kampanye online dalam pemilihan kepala desa (pilkades) dan peluang calon untuk terpilih. Media sosial yang dulunya hanya sebagai sarana hiburan, kini dilirik oleh para politisi sebagai ruang baru untuk mendapatkan dukungan pemilih dalam pemilu (pileg, pilpres, pilkada). Namun, kajian untuk pilkades belum dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif   pada Pilkades Desa Padangan 2020 Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan 12 informan yang dipilih secara purposive dan melalui observasi, serta data sekunder dari dokumen pilkades. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian   menunjukkan   media sosial dapat menjadi peluang besar untuk mendukung calon kepala desa dalam meraih popularitas dan kemenangan dalam pilkades jika seorang calon kepala desa dapat menggunakan media sosial untuk kampanye online dengan tepat. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penggunaan media sosial dalam kampanye online calon kepala desa antara lain: Pertama, siapa yang terlibat dalam kampanye online. Kedua, jenis media sosial yang digunakan. Ketiga, konten kampanye yang disajikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

Dec 31, 2022