Kinerja Aparatur Pemerintahan dalam Pelayanan Publik di Kantor UPT Samsat Binjai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara
Abstract
Pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur kantor UPT Samsat Binjai masih dirasakan kurang optimal. Salah satunya yakni tidak tersedianya sarana serta prasarana yang memadai berupa kantor yang mmasih menumpang di kantor Polres, hasil wawancara dengan salah satu aparatur bahwa sangat minim dalam ketersediaan sarana prasarana yang kurang memadai seperti ruangan untuk penyimpanan dokumen/barang, ruangan kerja, ruang tunggu yang terbatas dan peralatan kerja yang seadanya. Masalah sarana prasarana yang tidak dimiliki serta memadai maka pekerjaan instansi yang ingin dicapai tidak optimal. Sehingga kinerja aparatur belum optiml, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja aparatur di Kantor UPT Samsat Binjai dalam memberikan pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumen. Selanjutnya ditarik kesimpulan. Untuk mengetahui kinerja aparatur UPT Samsat Kota Binjai, peneliti menggunakan teori kinerja Payaman J.S, dimana indikator pengukurannya meliputi faktor individu, faktor organisasi dan faktor manajemen. Sehingga dapat simpulkan bahwa kinerja aparatur UPT Samsat Binjai masih belum optimal. Saran yang diusulkan perlu adanya pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui Diklat, seminar, Bimtek dll, serta perlu memperbaiki dan menambah jumlah sarana prasarana yang dapat menunjang kinerja agar lebih baik, agar UPT Samsat Binjai memiliki kantor sendiri.
Kata Kunci: Aparatur; Pelayanan Publik; Kinerja.