ANALISIS CITIZEN CHARTER PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GORONTALO

Penulis

  • Dikson Junus Universitas Gorontalo
  • Muten - Nuna
  • Nirmala Afriyanti Sahi
  • Nur Istiyan Harun Universitas Gorontalo
  • Sri Logita Purnamasari

DOI:

https://doi.org/10.33701/jiwbp.v13i1.3213

Kata Kunci:

Pembangunan, Good Governance, Citizen Charter

Abstrak

ABSTRAK. Penyelenggaraan pelayanan publik demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) salah satunya yaitu melalui citizen charter. Citizen charter ini ialah merupakan kebijakan yang berorientasi pelayanan publik yang menempatkan warga atau citizen sebagai pusat dari tujuan pelayanan publik. Artinya kebutuhan dan kepentingan pengguna layanan publik merupakan tujuan utama. Citizen charter mendorong penyelenggara untuk memenuhi hak dan kewajiban serta menyeimbangkannya dan menjadikan kepuasan warga sebagai sebuah capaian kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis konsep pembangunan good governance melalui citizen charter di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu menggunakan data hasil wawancara berupa uraian-uraian kalimat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara, dimana peneliti akan melakukan tanya jawab langsung dengan narasumber yang telah di pilih. Setelah data terkumpul maka akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana (2014;14)  yang meliputi koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan good governance melalui citizens charter di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo berdasarkan indikator dalam citizen charter sebagaimana yang dimaksud (Karjuni Dt. Maani, 2010), yaitu visi dan misi, standar pelayanan, alur pelayanan, unit/bagian pengaduan masyarakat, dan survey pengguna layanan yaitu belum dijalankan secara maksimal. Hal tersebut dilihat dari beberapa indikator dalam penerapan citizens charter seperti visi dan misi yang belum sepenuhhnya terlaksana dengan baik, standar pelayanan, alur pelayanan yang masih terkesan berbelit-belit, unit pengaduan masyarakat yang masih belum banyak diketahui oleh pengguna layanan, serta survey pengguna layanan dalam menentukan index kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo dari tahun 2019-2020 tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan, akan tetapi hanya mengalami penurunan sekitar 2,89%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

Apr 28, 2023

Terbitan

Bagian

Articles