KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBERIAN SANTUNAN KEPADA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI PT JASA RAHARJA CABANG SULAWESI UTARA

  • V W Pandeirot Universitas Negeri Manado
  • Ryan Aji Johannes

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan public dalam pemberian santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas di PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara. Penelitian ini dilaksanakan di PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif, Jumlah informan yaitu 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dari aspek sarana dan prasarana, kehandalan, daya tanggap, kemudahan belum berjalan dengan baik dan maksimal. Hal ini dapat dilihat dari Sarana dan Prasarana hal ini didasarkan pada kurangnya fasilitas informasi yang terpapar atau terlihat di kantor terlalu kecil untuk dilihat. Kehandalan hal ini didasarkan pada kurangnya kehandalan pegawai dalam memberikan pelayanan dan kurangnya pemahaman masyarkat tentang pemberian santunan. Akan tetapi pada aspek Daya Tanggap dan Kemudahan sudah dijalankan dengan baik. Upaya-upaya yang diberikan dalam kualitas pelayanan publik yaitu dalam hal fasilitas informasi lebih di perhatikan dan bisa berkembang menjadi lebih baik, kemudian dalam hal pemberian santunan lebih ditingkatkan lagi, lebih meningkatkan lagi sosialisasi kepada masyarakat terkait fungsi dan peran PT Jasa Raharja.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-06-30