PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM RANGKA PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK
(Studi Pada Akun Twitter @DKIJakarta)
Abstrak
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merespon dampak globalisasi dengan urgensi digitalisasi media komunikasi antara pemerintah dan masyarakatnya. Respon tersebut bertujuan untuk menjalin hubungan dua arah antara pemerintah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial untuk peningkatan pelayanan publik dalam studi pada akun twitter @dkijakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis data kualitatif berupa dokumen, tampilan aplikasi akun twitter dan hasil penelitiannya yang dijabarkan lewat deskripsi di dalam narasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa upaya yang dilakukan pemprov DKI Jakarta guna meningkatkan kualitas layanan publik lewat akun twitter @DKIJakarta melalui kemudahan akses ke akun twitter @DKIJakarta, meningkatkan konten dalam akun twitter @DKIJakarta, dan pembaharuan tampilan data & informasi. Peningkatan kualitas pelayanan publik yang diberikan tersbut dapat meningkatklan citra pemerintah Provinsi DKI Jakarta di mata masyarakatnya. Digitalisasi media komunikasi ditunjukkan oleh DKI Jakarta menunjukkan eksistensinya sebagai daerah yang menjunjung tinggi asas transparansi di good governance lewat penggunaan akun twitter.