STRATEGI DAN DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN PLBN ENTIKONG DALAM MENINGKATKAN PERDAGANGAN DAN KEAMANAN WILAYAH INDONESIA 2019

  • maisondra maisondra

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi studi ini adalah: 1) Pengerjaan kantor PLBN Entikong telah selesai dikerjakan dan diresmikan tahun 2016, kemudian pembangunan kawasan sekitarnya terus berlanjut dengan pesat, 2) Masih tinggi tingkat ketergantungan masyarakat terhadap negara tetangga Malaysia 3) Masih terjadi aktifitas ilegal di jalur perbatasan melalui jalan-jalan tikus.

Tujuan penelitian ini adalah:. 1) Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pembangunan kawasan PLBN Entikong terhadap perdagangan dan keamanan wilayah Indonesia. 2) Untuk mengetahui strategi yang cocok untuk dikembangkan dalam pembangunan kawasan PLBN Entikong agar berdampak terhadap perdagangan dan keamanan di wilayah Indonesia.

Tipe  penelitian ini adalah deskriptif  kualitatif, yang fokus pada dampak yang ditimbulkan dari pembangunan kawasan PLBN Entikong terhadap perdagangan dan keamanan di wilayah Indonesia serta strategi yang cocok untuk diterapkan dalam pembangunan kawasan tersebut ke depannya.  Pengambilan data dilakukan melalui observasi nonpartisipsi, wawancara dan dukumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Sementara teknik analisis data melalui langkah-langkah reduksi data, pemaparan data, penafsiran data dan penarikan kesimpulan.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembangunan Kawasan PLBN Entikong berdampak kepada peningkatan perdagangan legal dan situasi keamanan, namun dampak tersebut belum berpengaruh secara siknifikan terhadap peningkatan perkonomian dan kesejahteraan masayarakt sekitarnya. 2) Pembangunan fisik berupa kantor PLBN dan sejumlah infrastruktur lainnya merupakan strategi yang sangat tepat, namun harus diikuti dengan pembangunan sumber daya manusia dan kearifan lokal lainnya.

Published
2019-12-02
How to Cite
maisondra, maisondra. (2019). STRATEGI DAN DAMPAK PEMBANGUNAN KAWASAN PLBN ENTIKONG DALAM MENINGKATKAN PERDAGANGAN DAN KEAMANAN WILAYAH INDONESIA 2019. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa, 4(2), 62-70. https://doi.org/10.33701/jipsk.v4i2.761