Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Di Kabupaten Sumedang (Studi Kasus Di Kecamatan Cimalaka)

  • Hagia Harsanti Pascasarjana IPDN

Abstract

This study aims to determine the Public Perception of Building Construction Permit (IMB) in the Cimalaka District, Sumedang Regency. This research is a descriptive research with qualitative method. The theory used to analyzing data is Service Quality Theory (Servqual) from Zeithaml, Parasuraman and Berry. It has five dimensions; those dimensions are physical proof, reliability, responsiveness, assurance and empathy.

The result of this study indicates that public perceptions of the quality of IMB services in Cimalaka District in Sumedang Regency is good enough. It could be seen from the physical dimension, reliability dimension, responsiveness dimension, assurance dimension, and empathy. The things that need to be improved by the Cimalaka District in providing IMB services are improvement of facilities and equipment used, increasing accuracy and competency of officers, certainty of time in completing services, enhancing credibility and security, as well as improving the ability in effective communication between officers and the community.

References

Afrizal J., Rozy, 2009, Kualitas Pelayanan Publik Kecamatan Setelah Perubahan Kedudukan dan Fungsi Camat Sebagai Perangkat Daerah. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi Vol. 16 Nomor 2.

Tersedia : http://journal.ui.ac.id/index.php/jbb/article/viewFile/609/594 [15 Juli 2017]

Andi Gadjong, Agussalim, 2007, Pemerintahan Daerah: Kajian Politik dan Hukum, Ghalia Indonesia, Bogor.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta. Jakarta.

Budianto, Catheresia.,et.al. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Domestik.Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata Vol 1, No 2 (2014).

Chourmain, Imam, 2008, Acuan Normatif Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi, Al Haramain Publisihing House, Jakarta.

Creswell, J.W., 2010, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixes (Edisi Ke 3), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Daft, Richard L, 2003, Manajemen Jilid 2, (Diterjemahkan oleh Diana Angelica), Salemba Empat, Jakarta.

Darmawanto, Agus Tri, 2015, Analisis Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Badan Di Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang. JIEP-Vol. 15, No 1 Maret 2015.

Dernhart, Janet V dan Robert B. Dernhart. 2003. The New Public Service : Serving, not Steering. M.E Sharpe, New York.

Efriza, 2009, Ilmu Politik: dari Ilmu Politik sampai Sistem Pemerintahan (Ed 2), Alfabeta, Bandung.

Emzir, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data, Grafindo, Jakarta.

Gunawan, Imam, 2013, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Bumi Aksara, Jakarta.

Gurning, Desman Armando, 2013, Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kabupaten Siak. Thesis Pascasarjana Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

Tersedia:(http://www.lontar.ui.ac.id/detail.jsp?id=20336102&lokasi=lokal#horizontalTab2) [12 Maret 2017]

Hadjar, Ibnu, 1999, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Hardjosoedarmo, Soewarso, 2004, Total Quality Management, ANDI, Yogyakarta.

Hidayat, Taufik, 2017, Upaya Pemerintah Daerah Kampar Dalam Mewujudkan Prioritas Pembangunan Di Bidang Pertanian Tahun 2012-2013, JOM VISIP Universitas Riau Vol. 4 No.1 Februari 2017.

Diakses pada 17 Oktober 2017

(https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/download/13046/12688)

Kotler. Philip, 2003, Marketing Management, Prentice Hall, New Jersey.

Labolo, Muhadam, 2007, Memahami Ilmu Pemerintahan Suatu Kajian, Teori, Konsep, dan Pengembangannya, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

_______, 2010, Memahami Ilmu Pemerintahan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Leavitt Harold J, 1978, Psikologi Manajemen. (edisi ke empat alih bahasa oleh Musclichah Zarkasi), Erlangga, Jakarta.

Manan. Bagir. (2001). Menyongsong Fajar Otonomi Daerah, PSH FH UII, Yogyakarta.

Mardiasmo, 2009, Akuntansi Sektor Publik, ANDI, Yogyakarta.

Moleong, Lexy J., 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyana, Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Murtin, Alex. 2008. Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Layanan Publik Yang Diberikan Oleh Instansi Pemerintah Di Kabupaten Sleman Dan Kabupaten Bantul. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Jurnal Akuntansi dan Investasi Vol.9 No 1, halaman: 80-90, Januari 2008.

Tersedia:(https://media.neliti.com/media/publications/80244-ID-persepsi-masyarakat-terhadap-kualitas-la.pdf) [31 Agustus 2018].

Narimawati, Umi, 2008, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Agung Media, Bandung.

Ndraha, Taliziduhu. 2003. Kybernology (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta: Asdy Mahasatya.

Nurcholis, Hanif, 2007, Teori dan Praktek Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Gramedia, Jakarta.

Novandy, Riwan. 2009. Analisis Persepsi Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Bagian Administrasi Kemasyarakatan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Simalungun.

Tesis pada Universitas Sumatera Utara

Tersedia (http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/7096/09E01992.pdf?sequence=1) [31 Agustus 2018]

Patilima, Hamid, 2007, Metode Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung.

Pranata, Wiratama, 2009, Laporan Akhir Indeks Kepuasan Kota Depok

Tersedia dalam

(http://perpustakaan.bappenas.go.id/lontar/file?file=digital/126954-[_Konten_]-Konten%20C8739.pdf) (11 Juli 2018)

Rakhmat, Jalaludin 2011, Psikologi Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ridwan, HR, 2002, Hukum Administrasi Negara, UII Press, Yogyakarta.

Sadjijono, 2008, Memahami Beberapa Bab Pokok Hukum Administrasi, Laksbang Pressindo, Yogyakarta.

Simangunsong, Fernandes, 2015, Metodologi Penelitian Pemerintahan, Buku Literatur IPDN Jatinangor.

Sugiono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sukmadinata, N.S, 2011, Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosadakarya, Bandung.

Sunarno, Siswanto, 2008, Hukum Pemerintahan Daerah di Indonesia, Sinar Grafika, Jakarta

Susilo, Joko, 2014, Tinjauan Tentang Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bontang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2012,2 (3) : 3007-3018

Tersedia :http://www.portal.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2334 [16 Juli 2017]

Sutopo., Suryanto, Adi. 2003, Pelayanan Prima, Lembaga Administrasi Negara, Jakarta.

Syaukani, et.al, 2003, Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan, Pustaka Pelajar, Jakarta.

Walgito, Bimo, 2002, Pengantar Psikologi Umum, Andi Offset, Yogyakarta.

Wasistiono, Sadu., Fernandes Simangunsong. 2015. Metodologi Ilmu Pemerintahan (Edisi Revisi yang diperluas, IPDN Press, Jatinangor.

Wibawa, Samodra, 2005, Good Governance dan Otonomi Daerah dalam Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Yuningsih, Rita. 2016. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli Di Kota Palu. Jurnal Katalogis, Volume 4 Nomor 8, Agustus 2016 hlm 175-183.

Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/155865-ID-kualitas-pelayanan-publik-di-kantor-perw.pdf [16 Juli 2017]

Zauhar, Soesilo, 2001, Admiinistrasi Pelayanan Publik : Sebuah Perbincangan Awal, Jurnal Administrasi Negara, Vol. 1 Nomor 2, 2001.

Tersedia:(https://pustakaonline.wordpress.com/2008/03/22/administrasi-pelayanan-publik-sebuah-perbincangan-awal/) [04 September 2018].

Published
2019-07-12
Section
Articles