KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU DI KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG KABUPATEN KUBU RAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kualitas pelayanan publik pada pelayanan administrasi terpadu di Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi terpadu di kecamatan Sungai Ambawang masih rendah, disebabkan oleh beberapa aspek dalam pelayan publik yang belum terlaksana dengan baik, seperti pada aspek bukti fisik pelayanan masih kurangnya fasilitas pendukung pelayanan. Kurangnya daya tanggap aparatur dalam merespon kebutuhan masyarakat, dan kepastian waktu penyelesaian pelayanan. Masih adanya kesalahan data-data dalam dokumen hasil pelayanan, dan rendahnya kepedulian serta perlakuan yang berbeda-beda dari aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Faktor yang mempengaruhi rendahnya kualitas pelayanan juga disebabkan karena kurangnya pendelegasian kewenangan kepada bawahan dalam struktur organisasi sehingga apabila pejabat yang memiliki kewenangan tidak berada ditempat maka proses pelayanan menjadi terhambat, ditambah hirarki struktural dalam jabatan membuat pegawai kurang berkreativitas dalam meningkatkan kualitas pemberian pelayanan kepada masyarakat. Tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan seiring dengan kemajuan teknologi merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas pelayanan administrasi terpadu di kecamatan Sungai Ambawang karena belum menerapkan sistem pelayan secara on-line atau dengan aplikasi pelayanan yang bisa membuat proses pelayanan kepada masyarakat lebih cepat dan mudah. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi terpadu di kecamatan Sungai Ambawang diberikan saran untuk melengkapi fasilitas pendukung pelayanan, perbaikan sistem pelayanan, dan peningkatan fungsi individu aparatur pelayanan dalam bekerja.