IMPLEMENTASI PROGRAM JEMPUT BOLA LAYANAN e-KTP DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BUTON TENGAH PROVINSI SULAWESI TENGGARA
Abstract
Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) adalah salah satu dokumen penting yang dimiliki seseorang dan bukti sah bahwa seseorang penduduk telah terdaftar sebagai penduduk di wilayah tertentu dan berhak mendapatkan fasilitas pelayanan publik dari pemerintah. Akan tetapi, kurangnya kesadaran masyarakat Kabupaten Buton Tengah dalam kepemilikan e-KTP serta akses jarak menuju kantor yang sangat jauh dan susah ditempuh mengakibatkan banyak masyarakat yang belum memiliki e-KTP . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi program Jemput Bola layanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Edward III dalam teori Agustino digunakan sebagai dasar analisis. Teori ini menguraikan empat dimensi implementasi: Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Kesimpulan yang dilihat dalam penelitian ini berdasarkan dari 4 dimensi yang penulis gunakan yaitu hampir keempat dimensi tersebut dapat dikatakan berhasil. Meskipun pada dimensi Komunikasi belum berjalan dengan baik. Namun tiga dimensi lainnya sudah berjalan baik.
Kata kunci: Implementasi, layanan e-KTP, Program Jemput Bola