ANALISIS KEBIJAKAN PELAYANAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN BANDUNG
Abstract
Pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Bandung masih mengalami hambatan dan kendala baik dari segi kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, sarana ruang server dan masih terbatasnya aplikasi khusus untuk memonitor kinerja jaringan kecamatan. Adapun Tujuan dari penelitian adalah untuk menggambarkan tentang Analisis Kebijakan Pelayanan Dokumen dukcapil di Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Hasil dan simpulan, bahwa saat ini bentuk pelayanan dilakukan dengan mekanisme dan aplikasi secara on-line, yang terkoneksi dengan jaringan internet. Dimana masyarakat tidak perlu datang kekantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, masyarakat dapat meminta pelayanan dengan mengakses melalui website pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, model pelayanan ini sangat efektif dan masyarakat merasakan manfaatnya secara langsung. Namun masih ada kendala dalam pelayanan online tersebut sehingga diperlukan upaya nyata dalam mengahadapi hambatan tersebut diantara nya pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia dan penguatan jaringan.
Kata Kunci: Analisis; Kebijakan; Pelayanan Publik.