IMPLEMENTASI LAYANAN GOǧDOK ȍGO DOKUMEN KEPENDUDUKAN DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TASIKMALAYA

  • Aestraiko Sujantor Salu Rombe INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##: https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v3i2.2364
Keywords: Implementasi Kebijakan, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Pemerintah Daerah, GO-DOK

Abstract

Masalah utama bagi pemerintah daerah ialah bagaimana menciptakan kebijakan dan program untuk dapat mengembangkan inovasi dalam memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang prima. Salah satu dari pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada masyarakat adalah pelayanan administrasi kependudukan. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan induktif yang dilakukan dengan fokus implementasi kebijakan layanan GO-DOK dengan lokus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa implementasi layanan GO-DOK dalam pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya telah berjalan dengan efektif yang ditunjukan pada action programs, implementing activities dan Outcomes dengan hasil yang efektif. Faktor penghambat yang ditemukan adalah beberapa kendala seperti adanya permasalahan jaringan, permasalahan dalam aplikasi serta kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Sementara faktor pendukung yang ditemukan adalah ketersediaan anggaran dan terlaksananya kegiatan, sumber daya manusia yang berkompeten, ketersediaan sarana dan prasana yang ada, regulasi yang jelas dan dukungan politik dan birokrasi.
Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Pemerintah Daerah, GO-DOK.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-25
Section
Articles