Kualitas Website Kendari Kota dalam Penanganan Covid-19 di Kota Kendari
Abstrak
Website Kendarikota merupakan website yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Kendari yang bertujuan untuk membantu kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari dalam hal pelayanan publik di bidang informasi khususnya terhadap penanganan Covid-19 (website kota kendari 2019). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas website Kendarikota sebagai media informasi yang di gunakan dalam penanganan Covid-19 di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari serta strategi yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari untuk memperbaiki kualitas website Kendarikota dalam penanganan Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik
pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan Observasi, wawancara, dokumentasi, Sedangkan, teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukan bahwa kualitas Informasi, kualitas layanan , kualitas teknis yang disajikan pada website Kendari kota dapat dikatakan telah memiliki akurasi informasi dan kinerja website yang baik. Berkaitan dengan Strategi Dalam Memperbaiki Kualitas Teknik, Kualitas Layanan dan Kualitas Teknik juga sudah baik. Kesimpulan yang dapat diambil dari kualitas website Kendarikota Dalam Penanganan Covid-19 di Kota Kendari jika diukur dengan teori Alvaro Rocha tentang kualitas website sudah dilaksanakan dengan baik, kemudiaan Strategi Dalam Memperbaiki Kualitas Isi, Kualitas Layanan dan Kualitas Teknik berlangsung cukup baik dalam pelaksanaannya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Buku-buku
Cangara, H. 2012, Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Effendy, O, Uchajana, 2005, Dinamika Komunikasi Jilid III. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamdi, M. 2014. Kebijakan Publik: Proses, Analisis, Dan Partisipasi. Cet.2. ed. Risman Sikumbang. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hendra, A. 2012, Pengantar Sistem Informasi. Medan: Penerbit Andi.
Sudarto, Y. 2006. “E-Government Dan Reformasi Birokrasi Menuju Pemerintahan Yang Baik.” Bandung: KNTIK.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2004. Penelitian Dan Penilaian. Cet.3. Bandug Indonesia: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R Dan D. 1st ed. Bandung: Alfabet.
Peraturan perundang-undangan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. 2008. Indonesia.
Peraturan Pemerintah
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2010 Tentang Pelakasanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. 2008. Indonesia
Peraturan Walikota Kota Kendari Nomor 51 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik. 2019. Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
Jurnal
Dimbleweb. 2021. “Sejarah Dan Perkembangan Website .” https://dimbleweb.com/blog/read/sejarah-dan-perkembangan-website /124 (September 1, 2021).
Diskominfo Kota Kendari. 2021. “Portal Resmi Pemerintah Kota Kendari.” https://www.kendarikota.go.id/ (September 2, 2021).
Hamdi, Muchlis. 2014. Kebijakan Publik: Proses, Analisis, Dan Partisipasi. Cet.2. ed. Risman Sikumbang. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Koenti, Ishviati Joenaini. 2016. “Integritas Kepala Daerah Dalam Penerapan Diskresi Pada Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Dengan Kerangka Good Governance.”
Nadila, S. 2021. “Implementasi Electronic Government Dalam Mewujudkan Good Governance Dan Smart City.” Jurnal Administrasi Nusantara Maha 3(3): 72–83.
Nugraha, Joko Tri. 2018. “E-Government Dan Pelayanan Publik e-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman.” Jurnal Komunikasi dan Kajian Media 2(1): 32–42.
Pranata, Fando, and Supriyadi Dedi. “Implementasi Uu Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Dalam Mendorong Terciptanya Good Governance Di Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu (Studi Kasus Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Dan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provi.”
Rohida, Leni. 2018. “Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 6(1): 114–36.
Sanjaya, I Putu Sugiartha. 2017. “Pengaruh Rasa Manfaat Dan Kemudahan Terhadap Minat Berperilaku (Behavioral Intention) Para Mahasiswa Dan Mahasiswi Dalam Penggunaan Internet.”
Sinaga, Epiphany, Sri Suwitri, and Mochammad Mustam. 2014. “Implementasi Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan Electronic Government Di Kabupaten Semarang.”
Siti Maryam, Neneng. 2017. “Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.” JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM 6.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2004. Penelitian Dan Penilaian. Cet.3. Bandug Indonesia: Sinar Baru Algensindo.
sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R Dan D. 1st ed. Bandung: Alfabet.
Trimarsiah, Yunita, and Muhajir Arafat. 2017. “Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana.” Jurnal Ilmiah MATRIK Vol. 19 No: 1–10.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. 2008. Indonesia.
Wardah, Mardhatillah. 2017. “Pengelolaan Website Sebagai Media Informasi Publik Pada Bagian Humas Dan Informasi Pemerintah Kota Pekanbaru.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
“Website Kota Kendari.” 2019. Diskominfo Kota Kendari. https://www.kendarikota.go.id/ (September 4, 2021).
Website
Dimbleweb. 2021.“Sejarah Dan Perkembangan Website .” https://dimbleweb.com/blog/read/sejarah-dan-perkembangan-website /124 (September 1, 2021).
Diskominfo Kota Kendari. 2021. “Portal Resmi Pemerintah Kota Kendari.” https://www.kendarikota.go.id/ (September 2, 2021).
“Website Kota Kendari.” 2019. Diskominfo Kota Kendari. https://www.kendarikota.go.id/ (September 4, 2021).
Copyright (c) 2023 Made Agus Abdiyanto, Muhammad I Nabiel A.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.