Penerapan Aplikasi Pelayanan Rakyat Online Sebagai Layanan Pengaduan Publik di Diskominfo Kota Denpasar Provinsi Bali
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan mengingat maraknya keluhan masyarakat di media sosial mengenai sarana dan prasarana yang rusak, informasi-informasi yang tidak akurat, fenomena kerusakan alam dimana sangat perlu tindak lanjut dari pemerintah. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis penerapan aplikasi pelayanan rakyat online (PRO) sebagai layanan pengaduan publik di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Denpasar Provinsi Bali. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dan analisis terhadap teori e-Government dari Richardus Eko Indrajit. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam (5 informan), dokumentasi dan observasi. Hasil/Temuan: Masih ada infrastruktur fisik dan digital berupa Kecepatan Sistem Jaringan, Server, Big Data Center Room, Media Center yang perlu ditingkatkan lagi. Kesimpulan: Menunjukan bahwa penerapan Aplikasi PRO Denpasar sudah terlaksana dengan baik, namun dalam penerapannya di masyarakat masih belum sepenuhnya diterapkan oleh masyarakat hal ini. Meskipun terdapat beberapa hambatan namun upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi hambatan tersebut adalah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat secara terprogram.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Buku
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar. 2021. Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar Tahun 2021-2026. Diakses pada 13 Februari 2022.
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar. 2019. Rencana Induk Pengembangan Smart City Tahun 2019 – 2023. Diakses pada 22 September 2021, dari http://jdih.denpasarkota.go.id/uploads/produk-hukum/peraturan/2019/PERWALI/2019pw5109049.pdf
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Indrajit, Richardus Eko. 2016. Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital (2nd ed). Yogyakarta: ANDI.
Muhadam Labolo dkk. 2008. Beberapa Pandangan Dasar Tentang Ilmu Pemerintahan. Malang: Bayumedia Publishing
Mulyadi. 2017. Sistem Akuntansi, Cetakan Keempat. Jakarta: Salemba Empat
Napitupulu, dkk. 2020. E-Government : Implementasi, Strategi dan Inovasi. Medan: Yayasan Kita Menulis
Semil, Nurmah. 2018. Pelayanan Prima Instansi Pemerintah. Depok: Prenada Media
Siagian, Sondang P. 2016. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Simangunsong, Fernandes. 2016. Metode Penelitian Pemerintahan. Bandung: Alfabeta
________________________ 2017. Kapita Selekta Manajemen Sumber Daya Aparatur. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
________ 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
________ 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Peraturan Perundang-Undangan
Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan Dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government
Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Denpasar Tahun 2016-2021
Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) No. 3 Tahun 2015 tentang Road Map Pengembangan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional
Peraturan Walikota Denpasar Nomor 45 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Penanganan Pengaduan Masyarakat Di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar
Peraturan Walikota Denpasar Nomor 18 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Wali Kota Nomor 13 Tahun 2017 tentang Uraian Tugas Organisasi Dinas Daerah Kota Denpasar
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
Jurnal
Alhamid, Thalha dan Anufia, Budur. 2019. “Resume: Instrumen Pengumpulan Data”
Diakses pada tanggal 22 September 2021
Darma Putra, I Made. 2019. “Implementasi Kebijakan Pemerintah Mengenai Program PRO Denpasar di Kota Denpasar”, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 2019, Volume 3, Nomor 2, Halaman 261
Diakses pada tanggal 20 September 2021
Laibah, Dhiya Lucfiah. 2019. “Efektivitas Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Tahun 2019”
https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/2551/
Diakses pada tanggal 31 Agustus 2021
Maulana, Asep Agustian. 2021. “Penerapan Aplikasi Jendela Pontianak Integrasi (JEPIN) Dalam Pelayanan Publik Di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat”
Diakses pada tanggal 20 September 2021
Sumber Internet
https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/
Diakses pada tanggal 31 Agustus 2021 pukul 19.30 WIB
https://bali.tribunnews.com/2018/06/19/ini-pengaduan-masyarakat-kota denpasar-yang-terbanyak-di-pro-denpasar
Diakses pada tanggal 1 September 2021 pukul 20.00 WIB
http://ekasiskawati.com/pendekatan-induktif-pengertian-kapandigunakan-dan-ciri-cirinya/
Diakses pada tanggal 16 September 2021 pukul 08.30 WIB
https://kominfostatistik.denpasarkota.go.id/berita/read/19176
Diakses pada tanggal 5 September 2021 pukul 14.30 WIB
Diakses pada tanggal 31 Agustus 2021 pukul 20.00 WIB
https://pengaduan.denpasarkota.go.id/
Diakses pada tanggal 31 Agustus 2021 pukul 20.30 WIB
https://play.google.com/store/apps/details
Diakses pada tanggal 3 September 2021 pukul 17.00 WIB
Diakses pada tanggal 27 Oktober 2021 pukul 11.15 WITA
(https://www.nusabali.com/berita/67366/jalan-rusak-berat-di-tabanan-capai-159063-kilometer)
Diakses pada tanggal 27 Oktober 2021 Pukul 12.00 WITA.
(https://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_Aspirasi_dan_Pengaduan_Online_Rakyat)
Diakses pada tanggal 28 Oktober 2021 pukul 16.00 WITA.
(https://badoystudio.com/aplikasi-mobile/)
Diakses pada tanggal 19 November 2021 Pukul 12.00 WITA.
(https://id.wikipedia.org/wiki/Pelayanan_publik)
Diakses pada tanggal 19 November 2021 pukul 15.00 WITA.
Copyright (c) 2023 I Dewa Gede Agung Putra Narayana, Ikhlas Amri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.