Terobosan Baru Pelayanan Arsip Melalui Pengarsipan Digital Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Klaten
DOI:
https://doi.org/10.33701/jmb.v7i2.5814Kata Kunci:
Terobosan; Pelayanan Kearsipan; Titip Bandaku.Abstrak
Arsip berguna untuk menjamin kepentingan negara dan keperdataan masyarakat melalui pengelolaan, pemberdayaan, pemanfaatan, dan pelayanan publik kearsipan yang terpercaya serta autetik. Dalam pelayanan arsip Pemerintah Kabupaten Klaten menerapkan terobosan baru untuk mewujudkan inovasi dalam layanan arsip masyarakat sebagai langkah pengelolaan sekaligus pelestarian arsip. Program inovasi kearsipan yang dikenal dengan nama Titip Bandaku (Titip Berkas Arsip Digitalku) dilaksanakan melalui proses alih media arsip ke bentuk digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan terobosan baru pelayanan kearsipan dalam perlindungan dan penyelamatan arsip. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan pelaksanaan inovasi baru dalam layanan arsip Titip Bandaku, yang berlandaskan pada konsep inovasi menurut Lembaga Administrasi Negara (2017), dalam penelitian ini peneliti menetapkan tujuh informan yang merupakan sumber data yang dianggap memahami dan relevan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan terobosan kreatifitas pelayanan arsip Titip Bandaku Dapat memperlihatkan adanya inovasi dalam layanan kearsipan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi untuk melindungi serta menyelamatkan arsip, terutama dari ancaman bencana. Dalam kraeasi terobosan pelayanan melalui titip bandaku memiliki beberapa kemudahan pelayanan arsip bagi masyarakat untuk perlindungan dokumen- dokumen pentingnya melalui pengalihmediaan sebagai upaya meminimalisir kehilangan dokumen penting. Program Titip Bandaku dilaksanakan dengan sistem jemput bola, dimana petugas mendatangi lokasi yang telah ditentukan untuk mendapatkan pelayanan kearsipan sehingga mempermudah pelayanan dan menunjukan adanya kebaruan. Sebagai tindak lanjut rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah Dinas Perpustakaan dan Arsip diharapkan membentuk tim khusus Program Titip Bandaku, meningkatkan sosialisasi dan pemahaman masyarakat, memperluas jangkauan pelayanan dengan menjalin kolaborasi dengan pihak Desa tentang program Titip Bandaku.
Kata Kunci: Terobosan; Pelayanan Kearsipan; Titip Bandaku.
Unduhan
Referensi
Adewiyyah, H. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Website Sikarannuang di Kantor Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Creswell, J. W. (2009). Qualitative, Quantitative, and Mixed-Methods Research. In SAGE. SAGE Publications India. https://doi.org/10.1128/microbe.4.485.1
Dewi, A. T. (2022). Inovasi Dinas Perpustakaan dan Kerasipan dalam Meningkatkan Pelayanan Perpustakaan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Serang. 1–10. http://eprints.ipdn.ac.id/8544/1/Arfina Tiara Dewi_290719_Inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam Meningkatkan Pelayanan Perpustakaan Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kota Serang.pdf
Dokumen Standar Operasional Prosedur Program Titip Bandaku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Klaten Tahun 2019
Dokumen Sumber Daya Pelaksanaan Program Inovasi Titip Bandaku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Klaten
Fauziah, A. dan T. (2022). Inovasi Peningkatan Penyimpanan Arsip Melalui Aplikasi Save Archive di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Kediri. Publika, 10, 789–804.
Irawan, M., & Gunarto, I. (2018). Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan. Kearsipan, 13(2).
Karimi, D. S. Al, & Meirinawati. (2022). Inovasi Program Desa Siap dan Lancip (Layanan Cepat, Empatik, dan Pro Aktif) di Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Publika, 10(4), 1101–1110.
Lembaga Administrasi Negara. (2017). Panduan Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik. Pusat Inovasi Pelayanan Publik.
Muna, I. M. J., Meutia, I. F., & Yulianti, D. (2021). Inovasi Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Metro Melalui Program Ebook dalam Upaya Menumbuhkan Minat Baca Remaja. Administrativa: Jurnal Birokrasi, Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.23960/administrativa.v3i1.59
Nadiatussilmi, N., Hayat, H., & Anadza, H. (2022). Inovasi Program Sakera Mesem dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(6), 946–955. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i6.608
News Real. (2019). Program Titip Bandaku Warga KRB Dikebut, Meski Merapi Sempat Batuk. News Real. https://newsreal.id/2019/11/11/program-titip- bandaku-warga-krb-dikebut-meski-merapi-sempat-batuk/
Nurlukman, A. D., Chumaedy, A., Suryatman, A. G., & Tangerang, U. M. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Elektronik Sistem Aplikasi Bantuan Kota ( Sabakota ) Kota Tangerang Latifah , Cs : Inovasi Pelayanan Publik Elektronik Sistem Aplikasi …. Universitas Bina Taruna Gorontalo Pengguna Internet di Indonesia Latifah , Cs : Inovasi Pela. 10, 167–180.
Pratiwi, M. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Rappocini Kota Makassar Kasus : Motor Pelayanan Lorong Ta. STIA LAN.
Syafruddin, S. (2020). Inovasi Program Lorong Sehat (Longset) Pada Dinas Kesehtana Kota Makkasar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Tiara, F. M., & Husna, J. (2018). Analisis Alih Media Arsip Aktif Personal File Untuk Temu Kembali Arsip di Pt Sucofindo Cabang Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 141–150.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Program Inovasi Titip Bandaku
Zio, O. :, Rahman, A., Zulkarnaini, P. :, Sos, S., & Si, M. (2020). Inovasi Layanan Di Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru. Jom Fisip, 7(1), 1–15.
