Evaluation of Competence Certification for The Prospective Graduates of Institut Pemerintahan Dalam Negeri Year 2020-2022
Abstract
The Institute of Home Affairs Governance (IPDN) has been conducting competency certification for prospective graduates since 2020. However, one of the major issues encountered was the lack of accreditation and coordination with the National Agency of Profession Certification (BNSP) or a Professional Certification Institute (LSP). Therefore, it is crucial to evaluate the implementation of competency certification for prospective IPDN graduates from 2020 to 2022. This study assessed the context, input, process, and product aspects of the certification process using an evaluative approach using the CIPP model and quantitative descriptive methods. Data were collected through questionnaires, interviews, and documentation analysis. The analysis utilized the CIPP evaluation model, which encompassed the context, input, process, and product dimensions. The findings indicate that the overall evaluation of the implementation of competency certification for prospective IPDN graduates from 2020 to 2022 falls under the non-conforming criteria. Specifically, the context dimension is strongly appropriate, while the input and process dimensions are deemed not Appropriate, and the product dimension is strongly inappropriate. It is important to note that the implementation of competency certification for prospective IPDN graduates in this period lacks legal validity as it does not align with BNSP coordination. To address these issues, it is recommended that IPDN promptly establishes an LSP as a BNSP-certified educational institution and enhances the competence and number of BNSP-licensed assessors based on the specific needs of each Study Program. In the meantime, competency certification for prospective IPDN graduates can be conducted through a selection system.
ABSTRAK
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) telah melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi calon lulusannya sejak Year 2020. Salah satu permasalahan yang muncul adalah pelaksanaan sertifikasi kompetensi tidak dilaksanakan dan tidak terakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) atau Lembaga Serifikasi Profesi (LSP). Untuk itu perlu dilakukan evaluasi pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi calon lulusan IPDN Year 2020-2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi calon lulusan IPDN, dari aspek konteks, aspek input, aspek proses, dan aspek produk. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model CIPP dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis menggunakan model evaluasi CIPP yang meliputi aspek Konteks, Input, Proses, dan Produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi calon lulusan IPDN Year 2020-2022 dengan menggunakan model CIPP, secara umum berada pada kriteria Inappropriate, dengan rincian kriteria pada Dimensi Konteks Very Appropriate, Dimensi Input dan Dimensi Proses Inappropriate, serta Dimensi Produk Very Inappropriate. Dari sisi regulasi, pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi calon lulusan IPDN Year 2020-2022 tidak memperoleh legalitas karena mulai proses pelaksanaan sampai dengan produk yang dihasilkan tidak melakukan koordinasi dengan BNSP. Rekomendasi kebijakan yang disarankan, yaitu IPDN segera membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) seperti LSP pihak kesatu lembaga Pendidikan bersertifikasi BNSP serta meningkatkan kompetensi dan jumlah asesor yang terlisensi BNSP berdasarkan kebutuhan masing-masing Study Program. Pelaksanaan sertifikasi kompetensi bagi calon lulusan IPDN dapat dilakukan melalui sistem seleksi yang transparan dan terbuka sehingga hanya yang lulus seleksi yang dapat mengikuti sertifikasi kompetensi.
Downloads
References
Adhar, A. (2013). Peran Sertifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kedisiplinan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1), 71.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Kalila, S., Amalia, F., Apriliani, D., & Herdana, S. V. (2019). the Impact of Bullying on the Confidence of Elementary School Student. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2), 152–157.
Darodjat dan Wahyudhiana M. (2015). Model Evaluasi , Measurement, Assessment, Evaluation. Islamadina, XIV, 1–28.
Dr. Tedi Priatna, M. A. (2015). Scanned by CamScanner ﯼﺭﺍﺰﻤﮐ. A Psicanalise Dos Contos de Fadas. Tradução Arlene Caetano, 48.
Ekonomi, F., & Kendari, U. M. (2022). How competency shaped : Implications for practice with Indonesian Muslims Employee Zulkifli. 7(2), 65–78.
Khairunisa, P. (2022). Evaluasi Program Sertifikasi Kompetensi Kerja Keahlian OTKP SMK Negeri 45 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(08), 740–747.
Kuntoro, T. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Oleh LSP-P3 Di Kabupaten Banyumas Menggunakan Model CIPP. 204.
Mais, R., Liando, D., & Pangemanan, F. (2019). Evaluasi Kebijakan Pelaksanaan Reward dan Punishment Aparatur Sipil Negara di Kota Bitung Ririn. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 3(3), 1–9.
Mamuju, U. M. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Tenaga Administrasi Pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin. 6(1), 940–949.
Maria Karolina Koten. (2020). Kinerja Guru Tersertifikasi Di Sekolah Dasar Gugus I Lewolema. JAPB: Jurnal Agama, Pendidikan Dan Budaya, 1(1), 1–6.
Mulia, R. A., & Saputra, N. (2021). Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Daerah Kota Padang. Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Daerah Kota Padang, 01(1), 1–24.
Mulyaningrum, V. D., . S., & Suhardi, E. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Menggunakan Aplikasi Berbasis Android Di Arsip Nasional Republik Indonesia (Anri). Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 89–94.
Nurniah, Sukriah, N., & Dahsan, H. (2018). Analisis Manfaat Sertifikat Kompetensi Terhadap Peluang Kerja Alumni Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Padang. Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M), 2018, 149–154.
Penelitian, J., Cipp, M., Kota, N., Luvi, I., Astutik, I., Kediri, S. K., & Email, C. A. (2023). Jurnal Teknologi Pendidikan : Evaluasi Pelaksanaan Uji Sertifikasi LSP P1 terhadap Peningkatan Kompetensi Peserta Jurnal Teknologi Pendidikan : Pendahuluan Permasalahan yang dihadapi pendidikan nasional khususnya pendidikan kejuruan saat ini adalah banyak. 8(1), 173–183.
Prawiyogi, A. G., & Toyibah, R. A. (2020). Strategi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Model Sertifikasi Kompetensi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(1), 78–86.
Purwaningrum, D. (2017). Studi Komparasi Kompetensi Profesional antara Guru Tersertifikasi Melalui Portofolio dan PLPG. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 24.
Ranah, S., & Padang, M. (2018). MENARA Ilmu Vol. XII Jilid II No.79 Januari 2018. XII(79), 73–78.
Rapika, S., & Sari, A. P. (2019). Pengaruh Kepribadian Dan Kemampuan Intelektual Terhadap Kompetensi Guru Di Smkn 3 Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(2), 64–76.
Rodin, R. (2015). Sertifikasi uji kompetensi sebagai upaya peningkatan profesionalitas dan eksistensi pustakawan. Jupiter, XIV(2), 15–24.
Rohani, T. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Pekerja Pariwisata – Studi Kasus Sertifikasi Bnsp Di Bintan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2697–2704.
Supriyadi, S., & Priyastiwi, P. (2017). Evaluasi Kinerja Guru Pasca Sertifikasi Di UPT Dindikpora Kecamatan Pejawaran Kabupaten Banjarnegara Tahun 2013. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 1(1), 93–103.
Suryani, I., & Firmansyah, D. (2021). Pengaruh pelatihan dan kompetensi terhadap kualitas kerja karyawan pt primadya plastisindo unit PPIC (planing production and inventory control. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(3), 44–64.
Thayeb, E., & Santosa, B. (2021). Pengaruh Sertifikasi Kompetensi, Intensitas Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionlitas Instruktur Balai Latihan Kerja. Jurnal Taman Vokasi, 9(2), 167–177.
Copyright (c) 2023 ESKANDAR

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.