The Influence of DKUPP Performance Quality on Service Quality of E-UMKM through Performance Management in Probolinggo City
Abstract
The performance of government state officials needs to be improved as they shall deliver quality public services. In particular, public service improvement should regard the advancements of information communication technology and utilize innovative programs. The government of Probolinggo City has launcehed E-UMKM card program as an innovative program. E-UMKM card program plays a pivotal role in supporting and empowering micro, small, and medium enterprises (MSMEs). This research was conducted to investigate the influence of state officials’ performance quality on service quality, with a specific focus on performance management. This descriptive quantitative was conducted between January and February 2023 in Probolinggo City. Questionnaires, observation, and documentation techniques were employed for data collection from 100 respondents, which were subsequently analyzed using Smart-PLS. The findings revealed that the Performance Quality of DKUPP Probolinggo City State Officials can positively impact the improvement of Public Service Quality moderated by performance management in the E-UMKM Card Program.
ABSTRAK
Aparatur negara dalam pemerintahan bekerja dengan memberikan pelayanan publik. Kinerja aparatur negara perlu ditingkatkan untuk meningkatkan Service Quality yang lebih baik. Hal ini juga berkaitan dengan performance management sebagai bentuk penyelenggaraan pelayanan sektor publik oleh para aparatur negara. Terutama pelayanan publik yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan tekonologi informasi komunikasi melalui program inovasi. Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Probolinggo adalah adanya program kartu E-UMKM. Kartu E-UMKM digunakan sebagai dukungan optimal dalam pengembangan dan pemberdayaan UMKM. Sehingga penulis melakukan riset tentang pengaruh Officials’ Performance Quality terhadap Service Quality yang diperkuat dengan manajemen kinerja. Riset ini termasuk pada riset dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Riset ini diselenggarakan pada bulan Januari dan Februari di Tahun 2023. Penghimpunan data sebanyak 100 responden, diolah menggunakan Smart-PLS. Hasil penelitian memaparkan bahwa Officials’ Performance Quality DKUPP Kota Probolinggo dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan Public Service Quality dengan dimoderasi oleh Performance Management Pada Program Kartu E-UMKM.
Downloads
References
Anggraini, N. (2017) ‘Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Service Quality Di Kelurahan Jati Padang Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan’, Public Administration Journal, 1(2). Available at: file:///C:/Users/user/Downloads/741-1336-1-SM.pdf.
Aprilia Hapsari, Muhammad Guntur and Rukmana, N. S. (2021) ‘Inovasi Pelayanan Publik (PAKDES: Aplikasi Laporan Dana Desa Kreatif Berbasis Online di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros)’, Jurnal Administrasi Publik, 17(2), pp. 283–304. doi: 10.52316/jap.v17i2.77.
Damayanti, L. D. (2019) ‘Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), pp. 21–32.
Darmi, T. (2016) ‘Penerapan Prinsip Good Governance Untuk Layanan Publik’, Jurnal Administrasi Pembangunan, 4(2), pp. 87–156.
Dinas Kominfo Kota Probolinggo (2022) Kota Probolinggo Salurkan BTT Kepada Pelaku Usaha E-UMKM, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo. Available at: https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/kota-probolinggo-salurkan-btt-kepada-pelaku-usaha-e-umkm (Accessed: 20 February 2023).
DKUPP Kota Probolinggo (2020) Kartu E-UMKM Pintar, DKUPP Kota Probolinggo. Available at: https://ukmpintar.probolinggokota.go.id/ (Accessed: 20 February 2023).
DKUPP Kota Probolinggo (no date) Manfaat Kartu UMKM, DKUPP Kota Probolinggo. Available at: https://ukmpintar.probolinggokota.go.id/ (Accessed: 20 February 2023).
Van Dooren, W., Bouckaert, G. and Halligan, J. (2015) Performance management in the public sector. Routledge.
Firman (2015) ‘Membangun Inovasi Birokrasi Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)’, Transformative, 1(2), pp. 134–146.
Hasibuan, M. (2003) Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
Indrastuti, S., Suryani, L. and Radiyah (2016) ‘Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja aparatur sipil negara (asn) dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten kampar’, Jurnal Ekonomi KIAT, 27(1), pp. 1–7. Available at: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/33047.
Lewis, R. . and Booms, B. H. (1983) The marketing aspects of service quality" in Berry, L., Shostack, G. and Upah, G. (eds.). Amerika Serikat: Emerging perspectives on services marketing: American Marketing Association Chicago.
Lupiyoadi, R. (2013) Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Nawi, R. (2015) ‘Pengaruh Kebijakan Publik terhadap Service Quality, penguatan Kelembagaan dan Kinerja Organisasi Pemerintahan’, Pleno Jure, 4(5), pp. 42–55. doi: 10.37541/plenojure.v4i5.25.
Pratiwi, I. D. (2019) Pengaruh Kinerja Aparatur Dan Service Quality Kecamatan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rohman, A., Hanafi, Y. S. and Hardianto, W. T. (2019) ‘Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Meningkatkan Public Service Quality’, Reformasi, 9(2), pp. 153–160.
Sandiasa, G. (2018) ‘Reformasi Administrasi dan Birokrasi Pemerintahan Daerah Dalam Menigkatkan Kualitas Layanan Publik di Daerah’, Public Inspiration : Jurnal Administrasi Publik, 3(1), pp. 106–107. Available at: file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Sandiasa/Public Inspiration Jurnal.
Saputra, N. and Nugroho, R. (2021) ‘Good Governance Pada Pelayanan Publik: Sebuah Usulan Model Pengembangan Berbasis Perilaku’, Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 9(1), pp. 11–26. doi: 10.33701/jmsda.v9i1.1559.
Setda Kota Probolinggo (2022) Anvapro 2022, Upaya Tingkatkan Pelayanan Publik di Kota Probolinggo, Setda.probolinggokota.go.id. Available at: https://setda.probolinggokota.go.id/blog/2022/08/09/anvapro-2022-upaya-tingkatkan-pelayanan-publik-di-kota-probolinggo/ (Accessed: 16 April 2023).
Sururi, A. (2019) ‘Mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Pada Organisasi Sektor Publik Kelurahan’, NATAPRAJA, 7(1), p. 15. Available at: https://doi.org/10.21831/jnp.v7i1.24769.
Sutojo, A. (2015) ‘Pengaruh pelaksanaan kebijakan atau aturan terhadap pelayanan sektor publik di kelurahan purwodadi kecamatan arga makmur kabupaten bengkulu utara’, Mimbar: Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 4(2), pp. 1–11.
Wakhid, A. A. (2017) ‘Reformasi Pelayanan Publik Di Indonesia’, Jurnal TAPIs, 01(14), pp. 53–59. doi: https://doi.org/10.24042/tps.v13i1.1619.
Zulfahmi (2018) ‘Analisis Mutu Pelayanan Melalui Survei Kepuasan Masyarakat Pada Sistem Administrasi Bersama Dibawah Satu Atap (Samsat) Di Unit Pelayanan Pendapatan Daerah ( UPPD) Pontianak Wilayah I Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)’, Jurnal Equalibrium, 4(I), pp. 69–76.
Copyright (c) 2023 Nurul Jannah Lailatul Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.