EVALUASI KEBIJAKSANAAN APLIKASI CITIZEN RELATION MANAGEMENT (CRM) DALAM MENYUKSESKAN JAKARTA SMART CITY
Abstract
Kemampuan birokrasi dalam pemerintahan dituntut untuk konsisten dan up to date dalam memberikan kinerjanya ditengah perkembangan masyarakat, lingkungan, dan kompetisi global. Salah satu bentuk konkret dari implementasi Kota Jakarta sebagai smart city adalah dengan menginisiasi sistem Citizen Relation Management (CRM). Namun dalam penerapannya ditemukan informasi bahwa persentase laporan CRM yang belum terselesaikan masih tinggi, selain dari pada itu penurunan kualitas penanganan pengaduan pada tahun 2019 dan tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi kebijaksanaan aplikasi Citizen Relation Management (CRM) serta upaya yang dapat dilakukan demi menyukseskan Jakarta Smart City. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dan pembahasannya dilakukan dengan memadukan antara analisis teoritis serta analisis ASOCA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat SDM yang tidak kompeten dan tidak adanya kontrol pihak ke tiga terhadap hasil penyelesaian pengaduan masyarakat. Sedangkan hasil analisis ASOCA ialah mengoptimalkan serta memfokuskan kemampuan SDM Pemerintah Provinsi Jakarta dalam memfasilitasi partisipasi masyarakat pada pelaksanaan aplikasi Citizen Relation Management (CRM).
Kata Kunci: Citizen Relation Management, Evaluasi, Kebijaksanaan
Downloads
Copyright (c) 2021 Ria Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).