DINAMIKA CITY BRANDING KOTA SURAKARTA DALAM MENARIK MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN
DOI:
https://doi.org/10.33701/jipwp.v46i1.1036Kata Kunci:
City Branding; Minat Berkunjung; Kota SurakartaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peranan city branding dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian ini adalah city branding merupakan salah satu upaya suatu kota untuk mempertahan kan eksistensi keunggulan daerahnya dalam persaingan global melalui logo, tagline, simbol, maupun slogan. Hal tersebut merupakan suatu elemen penting dalam pengembangan aspek-aspek kehidupan di Kota, begitu pula dengan Surakarta yang merasa bahwa dalam upaya meningkatkan kualias kotanya perlu dilakukan branding hingga dunia internasional. Maka, city branding di kota Surakarta menggunakan tagline “Solo The Spirit Of Java” untuk menggambarkan identitas kota Surakarta kepada dunia bahwa kota Surakarta merupakan pusat peradaban kebudayaan Jawa sehingga menyatakan diri bahwa Solo adalah jiwanya Jawa. Strategi pemerintah kota Surakarta dalam rangka menarik minat berkunjung wisatawan yaitu melalui atraksi-atraksi kebudayaan, festival-festival seni dan budaya, dan penyediaan sarana dan prasarana yang mampu mengakomodir kebutuhan wisatawan. Selain itu, pemerintah juga menggandeng komunitas, dan swasta atau pihak eksternal birokrat dalam melakukan komunikasi branding. Akan tetapi, komunikasi dan konsistensi dalam melakukan promosi branding harus diiringi dengan sinergitas antar aktor-aktor yang terlibat sehingga dapat mencapai tujuan utama dari city branding. Rekomendasi untuk pemerintah dalam melakukan branding yaitu konsistensi branding yang digunakan sebagai wujud identitas kota Surakarta karena didalam tagline “Solo The Spirit Of Java” terdapat beberapa sub-branding yang juga dipasarkan kepada publik.
Kata kunci; City Branding; Minat Berkunjung; Kota Surakarta.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
- The right of publication of all material information contained in this journal site is held by the editorial board / editor with the knowledge of the author. Journal Manager will uphold the moral rights of the author.
- The formal legal aspect of access to any information and articles contained in this journal site refers to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) license, which means that This license lets others remix, adapt, and build upon your work even for commercial purposes, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms. This license is often compared to “copyleft” free and open source software licenses. All new works based on yours will carry the same license, so any derivatives will also allow commercial use.
- Each Ilmu Pemerintahan Widya Praja journal, both printed and electronic, is open access for educational, research and library purposes. Beyond this purpose, publishers or journal managers are not responsible for copyright infringement committed by readers or users.