PENGGUNAAN WEBSITE KEMENDAGRI.GO.ID SEBAGAI BENTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK
Abstrak
Electronic government menjadi orientasi untuk pemerintahan di suatu Negara yang mau mewujudkan pembangunan yang berkepanjangan bagi sistem dalam pemerintahan. E- government merupakan keluaran atau hasil yang diharapkan dari tujuan pembangunan sarana fasilitas serta prasana dan pemberian layanan yang maksimal pada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan website kemendagri sebagai bentuk kualitas layanan publik kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif merupakan metode penelitian yang memakai data yang diukur secara kualitatif dan hasil penelitiannya dijabarkan dengan deskripsi kata-kata dalam sebuah narasi. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa kemendagri berusaha utnuk meningkatkan kualitas layanan publik lewak penggunaan website yang beralamatkan di https://www.kemendagri.go.id/. Upaya-upaya yang dilakukan Kemendagri untuk mengoptimalkan kualitas layanan public yang mereka berikan lewat website adalah dengan mempermudah masyarakat untuk mengakses website kemendagri; memberikan banyak menu dan fitur yang sangat berguna bagi masyarakat awam dalam memperoleh data atau informasi di lingkungan kementrian dalam negeri; dan data yang terus diperbaharui sehingga masyarakat mendapatkan data dan informasi terbaru langsung dari Kementrian Dalam Negeri.