Analisis Aplikasi “ASN Memayu” Di Lingkungan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstrak
Di era percepatan informasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian sangat diperlukan sebagai pengolah administrasi pegawai dari lingkup kecil ke lingkup besar dalam konteks lingkungan pemerintahan. Dengan perkembangan dan kebutuhan yang semakin banyak mengakibatkan banyak perubahan dan regulasi dalam proses administrasi yang diharapkan dapat lebih efisien, efektif dan akurat dalam pengambilan keputusan dalam manajemen ASN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis analisis aplikasi ASN Memayu di Lingkungan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan faktor pendukung penerapan digitalisasi system informasi kepegawaian Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Pengumpulan data menggunakan pengumpulan data dokumentasi berupa berita media massa, jurnal dan dokumen lainnya sesuai dengan tema. Analis data yang digunakan dengan mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Penerapan teknologi informasi dalam pengelolaan data kepegawaian di Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya melalui aplikasi ASN Memayu, telah mengalami kemajuan yang signifikan. Perubahan mencerminkan tekad untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan akurasi data. Pengembangan aplikasi ASN Memayu oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DIY merupakan langkah strategis dalam menyambut era digitalisasi, yang terwujud melalui rebranding sistem kepegawaian dan penggunaan teknologi digital. Tindakan progresif yang diambil BKD DIY membentuk dasar yang kuat untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akuntabilitas dalam manajemen sumber daya manusia. Adopsi teknologi informasi dalam pengelolaan kepegawaian bukan hanya keharusan, melainkan juga manifestasi nyata dari komitmen untuk mencapai tata kelola yang baik dan pelayanan publik yang optimal melalui pemanfaatan teknologi informasi secara menyeluruh.