PENGEMBANGAN KARIER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH DAN DIKLAT KABUPATEN CIAMIS PROVINSI JAWA BARAT

  • MUHAMMAD SYAFEI ENDRO LAREKEN
  • MUHAMMAD SYAFEI ENDRO LAREKEN

Abstract

ABSTRAK

Tesis yang berjudul “Pengembangan Karier Dalam Meningkatkan Motivasi Pegawai Negeri Sipil Pada Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat di Kabupaten CIamis”, dilakukan untuk mengetahui dan memahami kinerja dan pelayanan Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat dalam pengembangan karier untuk bisa meningkatkan motivasi pegawai negeri sipil dan mengetahui proses pelaksanaan kegiatan dan juga faktor penghambat dan pendukung yang ditemui serta upaya-upaya yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat dalam pengembangan karier di Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitiatif. Untuk mempermudah pengamatan, sumber data yang diambil adalah person, place, dan paper. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik triangulasi.

         Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa pengembangan karier yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat guna meningkatkan motivasi Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Ciamis masih belum optimal, hal ini dikarenakan masih banyaknya hambatan-hambatan yang terjadi mulai dari anggaran yang terbatas, sumber daya manusia yang kurang sampai pada sarana dan prasarana. Dari hasil pengamatan penulis menyimpulkan bahwa sangat dibutuhkan perhatian dari pimpinan langsung ataupun pimpinan tidak langsung dan juga perhatian dari kepala daerah dalam pengembangan karier pegawai negeri sipil dilingkungan Pemerintahan Daerah agar dapat meningkatkan motivasi kerja dan terwujudnya Pegawai Negeri Sipil yang berkompetensi dan kinerja Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat yang optimal.

Published
2019-07-12
Section
Articles