RESTRUKTURISASI ORGANISASI DALAM MEWUJUDKAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN YANG EFEKTIF DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN DOMPU PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

  • azuardana azuardana Institut Pemerintahan Dalam Negeri

Abstract

Restrukturisasi organisasi merupakan suatu kebutuhan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan, yang disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis restrukturisasi organisasi dan merancang struktur organisasi ideal dalam mewujudkan pemerintahan yang efektif di Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriftip, penentuan informan melalui teknik purposive, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data mengacu pada teori Stephen P. Robbins dan Mary Coulter, dimana restrukturisasi organisasi terdapat tiga dimensi perubahan yaitu struktur, teknologi dan orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa restrukturisasi organisasi di Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu, dalam perubahan struktur terdapat penambahan komponen struktur sehingga desain struktur semakin melebar serta masih terdapat jabatan yang belum terisi, standar operasional prosedur pelaksanaan tugas belum disesuaikan dengan perubahan struktur organisasi, srerver dan website Pemerintah Kabupaten Dompu belum diserahkan pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dompu serta sarana dan prasanara kerja belum disesuaikan dengan Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2017. Idealnya struktur organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu perlu disesuaikan lagi dengan dibentuk unit kerja pengadaan barang dan jasa pemerintah yang mandiri, sekiranya mengadopsi perkembangan teknologi informasi untuk meningkatkan produktivitas pelaksanaan tugas, dan perlu menyesuaikan kompetensi Pegawai Negeri Sipil dengan persyaratan jabatan yang didudukinya.

Published
2019-07-12
Section
Articles