”Pengaruh Implementasi Kebijakan Fiskal dan Kapasitas Kelembagaan Terhadap Kinerja Keuangan Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri”

  • muhammad ramadan

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap seberapa besar pengaruh Implementasi Kebijakan Fiskal dan Kapasitas Kelembagaan terhadap Kinerja Keuangan Kinerja Keuangan Direktorat Fasilitasi Pinjaman Daerah dan Dana Perimbangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbasis pada analisis statistic. Teori yang digunakan untuk menganalisis data yaitu Teori Implementasi Kebijakan Publik dari  Edward III dan pendekatan teori Kapasitas Kelembagaan menurut De Vita et.al.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan berpengaruh kuat terhadap Kinerja Keuangan Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah. Oleh karena itu dalam rangka peningkatan Kinerja Keuangan Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah dapat melalui upaya memberi perhatian terhadap keempat dimensi Implementasi Kebijakan yaitu communication, resources, disposition or atittudes, and bureaucratic structure

Published
2019-07-12
Section
Articles