ANALISIS KOMPETENSI PEJABAT STRUKTURAL DI BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN LAHAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

  • fannie prima putri

Abstract

Abstract

Hasil Penelitian terdahulu merupakan hasil penelitian yang membahas topik yang relevan dengan penelitian terkait analisis kompetensi pejabat struktural dalam meningkatkan kinerja organisasi di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Hasil penelitian terdahulu akan penulis jadikan sebagai referensi dan untuk memperkuat teori yang penulis gunakan. Tinjauan hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini yaitu sebagai berikut :

Pertama, penelitian yang dilakukan oleh Tazarni pada Program Magister Administrasi Pemerintahan Daerah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (MAPD IPDN) tahun 2008 dengan judul tesis yaitu Analisis Kompetensi Camat di Kabupaten Lahat.

            Kedua, penelitian yang dilakukan oleh Arie Irawan pada Program Magister Administrasi Pemerintahan Daerah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (MAPD IPDN) tahun 2011 dengan judul tesis yaitu Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Muara Enim.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka penelitian dengan berjudul Analisis Kompetensi Pejabat Struktural di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan dapat disimpulkan sebagai berikut :

Kompetensi yang dimiliki oleh pejabat struktural di BKPSDM Kabupaten Lahat yaitu kompetensi teknis sebesar 77% (75%+69%+87%:3=77%), kompetensi konseptual sebesar 79,17% (81,25%+81,25%+75%:3=79,17%) dan kompetensi untuk hidup dalam kesaling tergantungan sebesar 71,36% (100%+93,75%+68,75%+50%+56%+56%+75%:7=71,36%). Dari hasil penelitian didapatkan fakta bahwa pejabat struktural di BKPSDM Kabupaten Lahat yang sangat kompeten sebanyak 9 (sembilan) orang, yang kompeten sebanyak 1 (satu) orang, yang cukup kompeten tidak ada, dan yang kurang kompeten sebanyak 6 (enam) orang.

Published
2019-07-12
Section
Articles