PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BULELENG

  • Yessy Novella Institut Pemerintahan Dalam Negeri
  • Yudha Mardhatillah Institut Pemerintahan Dalam Negeri
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##: https://doi.org/10.33701/jk.v4i2.2836
Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pelayanan Kependudukan

Abstract

Di Indonesia saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masih berlangsung. Dalam lingkup pemerintahan terdapat pelayanan publik yang terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga untuk menjawab permasalahan yang timbul di masyarakat. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buleleng telah melakukan beberapa inovasi untuk membahagiakan masyarakatnya dan mempercepat pelayanannya di tengah pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diambil dari data sekunder. Data sekunder dari data dokumentasi, kajian bibliografi, regulasi dan jurnal ilmiah sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara kerja dinas kependudukan dan pendaftaran penduduk Kabupaten Buleleng dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi serta apakah teknologi informasi dan komunikasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan kepada masyarakat Kabupaten Buleleng. Upaya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buleleng dalam mengoptimalkan pemanfaatan TIK untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat telah sesuai dengan harapan masyarakat. Masyarakat puas dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buleleng baik dari segi pelayanan, pengelolaan maupun informasi yang juga cepat disosialisasikan kepada masyarakat.

 

Kata Kunci : Teknologi Informasi dan Komunikasi; Pelayanan Kependudukan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-03