ANALISIS PELAYANAN DINAS DUKCAPIL KOTA CIMAHI DI ERA PANDEMI COVID 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melakukan analisis terhadap pelayanan yang dilakukan oleh Dinas DUKCAPIL Kota Cimahi di masa pandemic covid 19, DUKCAPIL kota
Cimahi adalah salah satu dinas yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk dapat melayani masyarakat terkait dengan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Peneltian mengunakan
metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif, penelitian dilakukan dengan observasi secara langsung dan merilis data-data terkait pelayanan yang dilakukan oleh dinas DUKCAPIL
kota Cimahi. Yang dirilis oleh Dinas Penerangan Kota Cimahi. Simpulan yang didapat, bahwa dengan pandemic covid 19, kota Cimahi melakukan PPKM, yaitu penetapan pembatasan kegiatan
masyarakat, dimana pelayanan dilakukan sebahagian besar dengan system daring(on-line), dan hanya dinas-dinas tertentu yang melakukan pelayanan secara langsung, seperti dinas kebersihan,
dinas perhubungan, dan dinas Satpol PP. sehingga pelayanan dinas DUKCAPIL sangat dirasakan belum optimal, diperlukan adanya sinergitas dari Dinas-dinas yang melakukan pelayanan kepada masyarakat di kota Cimahi.
Kata Kunci: Analisis, Pelayanan public, pandemic covid 19