Pengaruh Kualitas Sistem Dan Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi SIAPP di Kabupaten Sidenreng Rappang

  • Arham Sulma Pemerintah Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang
  • Arya Zacky W Pemerintah Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang, Indonesia
Kata Kunci: Kepuasan Pengguna SIAPP, Kualitas Layanan SIAPP, Kualitas Sistem SIAPP

Abstrak

Era revolusi industri 4.0 merupakan eranya teknologi digital dan internet. Demi terciptanya tata kelola yang baik (good governance) maka dilakukan electronic government (e-government). Dalam menjalankan pelayanan pengaduan yang efektif maka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sidenreng Rappang mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Aspirasi Publik dan Pengaduan (SIAPP). Tapi, kinerja SIAPP yang terlihat masih kurang dan pengaduan yang masuk baru sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh faktor kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna SIAPP di Kabupaten Sidenreng Rappang dan dampak pengaruhnya dalam upaya meningkatkan kualitas SIAPP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mixed methods dengan desain explanatory sequential. Pengambilan sampel kuantitatif menggunakan total sampling dan kualitatif menggunakan purposive sampling dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu kualitas sistem dan kualitas layanan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna baik secara parsial maupun secara simultan, meskipun masih terkendala dengan sistem dan pelayanan yang masih ada kekurangan. Kualitas sistem berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 17,28% dengan derajat rendah. Selanjutnya kualitas layanan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 57,19% dengan derajat tinggi. Kemudian kualitas sistem dan kualitas layanan secara bersama-sama berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 74,5% dengan derajat tinggi. Dampak pengaruh tersebut membuat masyarakat merasa nyaman dan percaya kepada pemerintah. Di sisi lain pihak Diskominfo akan semakin semangat untuk meningkatkan kualitas SIAPP. Guna meningkatkan peran SIAPP sebagai wadah aspirasi, disarankan untuk melakukan peningkatan fitur-fitur aplikasi, dan peran admin serta melakukan sosialisasi agar pelayanan pengaduan semakin efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Buku-Buku

Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Agung, A. A. P., & Yuesti, A. (2019). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif Dan Kualitatif. Badung: Noah Aletheia.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Semarang: Pilar Nusantara.

(Edisi Keempat). Singapura: SAGE Publications.

Goenadhi, L., & Nobaiti. (2017). Pengantar Ekonomi Mikro. Banjar Baru: Scripta Cendekia.

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif . Medan: Wal Ashri Publishing. Hardani dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hermawan, Sigit & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif). Malang: Media Nusa Creative.

Ibrahim, Andi dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Jatnika, Hendra (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer.

Yogyakarta: Andi.

Kadir, Abdul (2014). Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Khoiri, Nur (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang: Southeast

Asian Publishing.

Lembaga Administrasi Negara. (2016). Pelayanan Publik (Modul Pelatihan Dasar Kader PNS). Jakarta: Lembaga Administrasi Negara

Machmud, Rizan (2018). Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus pada T3-Online). Gorontalo: Ideas Publishing.

Masturoh, Imam & T., Nauri Anggita. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Nurdin, Ismail (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelyanan Publik). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Nurdin, Ismail & Hartati, Sri (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Prasojo, L. D., (2019). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan.

Yogyakarta: UNY Press.

Primanto, A. (2020). Otonomi Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat di Indonesia. Malang: Inteligensia Media.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Rahmadana, M. F. dkk (2020). Pelayanan Publik. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sarwono, Jonathan (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shalahuddin. (2009). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Tinggi. Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.

Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Susanto, Azhar. (2017). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: Lingga Jaya.

Syarif, S., & Yunus, F. M. (2013). Metode Penelitian Sosial. Banda Aceh:

Ushuludding Publishing.

Sumber-Sumber Lainnya

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidenreng Rappang. (2021)

Kasma. (2020). Pelayanan Publik Berbasis Lapor (Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat) Di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020)

Selviana. M. (2020). Implementasi Pelayanan Publik SP4N LAPOR di Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Bantaeng. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020)

Sudarmadi. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi. (Tesis Magister, Universitas Sebelas Maret, 2010)

Ta’arufi, U. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem , Informasi , Pelayanan Rail Ticketing Sistem (Rts) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pt . Kereta Api Indonesia Daop 6 Yogyakarta Yogyakarta. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Indonesia, 2018)

Zulfikar, A. M. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Aspirasi Publik Dan Pengaduan Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Sidrap. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020)

Diterbitkan
2023-11-30