Analisis Kualitas Situs Web Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire dalam Penyediaan Informasi Publik
Abstrak
Situs web dihadirkan sebagai salah satu alat untuk memberikan informasi publik oleh pemerintah daerah, yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kegiatan pemerintah dan informasi lainnya yang berkaitan dengan pemerintah daerah tersebut. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire menggunakan situs web sebagai wadah untuk memberikan layanan publik, dan penting untuk menilai kualitasnya secara teratur. Pada penelitian ini, kualitas dievaluasi berdasarkan kriteria tertentu, seperti kelengkapan informasi, keterbacaan, atau aksesibilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kualitas situs web Diskominfo Kabupaten Nabire dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi penyusunan data, penyusunan data dan penyusunan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa situs Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire telah menyediakan berbagai informasi khususnya informasi seputar peristiwa yang terjadi di Kabupaten Nabire. Namun, masih ada beberapa perubahan yang dilakukan pada pengaturan jumlah sumber daya manusia yang dapat mengoperasionalkan situs web, kurang melakukan sosialisasi yang dilakukan untuk masyarakat, khususnya terkait pemanfaatan situs web. Di sisi lain, terdapat dukungan dari tiap dinas/badan daerah khususnya dalam hal penyediaan data dan informasi untuk digunakan pada website Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kualitas situs web Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah termasuk dalam kategori cukup dengan peluang perbaikan. Rekomendasi perbaikan ini dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi pemerintah daerah.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Batubara, E. R., & Helmy, H. (2019). Analisis Pengembangan Electronic Government Melalui Penyelenggaraan Website Di Pemerintahan Daerah Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jea.v1i4.169
Boseren, Y. Z. B. (2023). Optimalisasi Website Asmatkab Sebagai Media Penyampaian Informasi Publik Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Asmat [Institut Pemerintahan dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/15724/
Cheisviyanny, C., Helmy, H., & Dwita, S. (2018). Analisis Kualitas Website Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Barat. Simposium Nasional Keuangan Negara, 1(1). https://jurnal.bppk.kemenkeu.go.id/snkn/article/view/274/161
Conoras, M. E. B., & Hikmawati, N. K. (2018). Smart City Peluang Dan Tantangan Untuk Papua Bangkit, Mandiri Dan Sejahtera. Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/viewFile/391/316
Diana, & Veronika, N. D. M. (2018). Analisis Kualitas Websiteprovinsibengkulu Menggunakan Metodewebqual4.0. Jurnal Pseudocode, V(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pseudocode.5.1.10-17
Firdaus & Lawati, S. (2019). Keterjangkauan Informasi Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 2(1) . https://doi.org/10.48093/jiask.v2i1.14
Haryani, P. (2016). Evaluasi Kualitas Layanan E-Government Pemerintah Kota Yogyakarta Dengan Metode E-GovQual ModifikasI [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/8092
Irawan, A. (2018). Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke. Societas : Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35724/sjias.v7i01.967
Iyai, Y. E. . (2022). Efektivitas Penyampaian Informasi Melalui Website Oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Nabire Di Masa Pandemi Covid-19 [Institut Pemerintahan Dalam Negeri.]. http://eprints.ipdn.ac.id/8977/
Khoirunisa, S. (2021). Optimalisasi Penggunaan Website Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru[Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://repository.uin-suska.ac.id/50463/
Laitupa, R. S. N. (2023). Evaluasi Website Pemerintah Kabupaten Merauke[Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/15409/
Maulida, D. (2023). Analisis Kualitas Website Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat[Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/15832/
Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia.
Nabilah, A. (2017). Penerapan Website Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Publikas: Jurnal Administrasi Negara, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/publika.v5n1.p%25p
Nurrahman, A., Sabaruddin, S., & Salma, R. N. L. (2022). Optimalisasi Aplikasi Ppid Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Publik Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kebumen. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jpkp.v4i2.2878
Oktavya, A. A. (2015). Penerapan (Electronic Government) E-Government Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. EJournal Ilmu Pemerintahan, 3(3). https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/10/JURNAL AYU fix (10-15-15-02-37-23).pdf
Pradana, F. H. (2022). Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Informasi Publik Di Diskominfo Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara [Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/7986/
Rocha, Á. (2012). Framework for a global quality evaluation of a website. Online Information Review, 36(3). https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/14684521211241404/full/html
Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187
Rohmana, N. L. P., & Pratiwi, R. Z. B. (2020). Media Relationsdinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar Dalam Sosialisasi Program Pemerintah. Academic Journal of Da’wa and Communication, 01(01). https://doi.org/https://doi.org/10.22515/ajdc.v1i1.2400
Salvator, M., & Heremb, N. K. (2023). Efektivitas Penyebaran Informasi Publik Melalui Website oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngada. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtpm.v3i1.3137
Sosiawan, E. A. (2008). Tantangan Dan Hambatan Dalam Implementasi E-Government Di Indonesia.Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(5). http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/760
Sulaiman, A. H., Aryadita, H., & Pinandito, A. (2018). EvaluasiKualitas Layanan Website Pemerintah KotaBatu dengan Metode E-Govqualdan Importance Performance Analysis(IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(2). https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/846/332
Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141–161. https://doi.org/10.24905/jip.1.1.2016.141-161
Warjiyono, W., & Hellyana, C. M. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK)Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201852666
Copyright (c) 2023 Agung Nurrahman, Febrie Nabiani Bagau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.