Analisis Kualitas Situs Web Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire dalam Penyediaan Informasi Publik

  • Agung Nurrahman IPDN Jatinangor
  • Febrie Nabiani Bagau Pemerintah Provinsi Papua Tengah
Kata Kunci: Kualitas Situs Web, Kualitas Kontak, Kualitas Layanan, Kualitas Teknis

Abstrak

Situs web dihadirkan sebagai salah satu alat untuk memberikan informasi publik oleh pemerintah daerah, yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kegiatan pemerintah dan informasi lainnya yang berkaitan dengan pemerintah daerah tersebut. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire menggunakan situs web sebagai wadah untuk memberikan layanan publik, dan penting untuk menilai kualitasnya secara teratur. Pada penelitian ini, kualitas dievaluasi berdasarkan kriteria tertentu, seperti kelengkapan informasi, keterbacaan, atau aksesibilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kualitas situs web Diskominfo Kabupaten Nabire dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi penyusunan data, penyusunan data dan penyusunan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa situs Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire telah menyediakan berbagai informasi khususnya informasi seputar peristiwa yang terjadi di Kabupaten Nabire. Namun, masih ada beberapa perubahan yang dilakukan pada pengaturan jumlah sumber daya manusia yang dapat mengoperasionalkan situs web, kurang melakukan sosialisasi yang dilakukan untuk masyarakat, khususnya terkait pemanfaatan situs web. Di sisi lain, terdapat dukungan dari tiap dinas/badan daerah khususnya dalam hal penyediaan data dan informasi untuk digunakan pada website Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kualitas situs web Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah termasuk dalam kategori cukup dengan peluang perbaikan. Rekomendasi perbaikan ini dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi pemerintah daerah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Batubara, E. R., & Helmy, H. (2019). Analisis Pengembangan Electronic Government Melalui Penyelenggaraan Website Di Pemerintahan Daerah Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jea.v1i4.169

Boseren, Y. Z. B. (2023). Optimalisasi Website Asmatkab Sebagai Media Penyampaian Informasi Publik Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Asmat [Institut Pemerintahan dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/15724/

Cheisviyanny, C., Helmy, H., & Dwita, S. (2018). Analisis Kualitas Website Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Barat. Simposium Nasional Keuangan Negara, 1(1). https://jurnal.bppk.kemenkeu.go.id/snkn/article/view/274/161

Conoras, M. E. B., & Hikmawati, N. K. (2018). Smart City Peluang Dan Tantangan Untuk Papua Bangkit, Mandiri Dan Sejahtera. Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/viewFile/391/316

Diana, & Veronika, N. D. M. (2018). Analisis Kualitas Websiteprovinsibengkulu Menggunakan Metodewebqual4.0. Jurnal Pseudocode, V(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pseudocode.5.1.10-17

Firdaus & Lawati, S. (2019). Keterjangkauan Informasi Dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Studi Kebijakan (JIASK), 2(1) . https://doi.org/10.48093/jiask.v2i1.14

Haryani, P. (2016). Evaluasi Kualitas Layanan E-Government Pemerintah Kota Yogyakarta Dengan Metode E-GovQual ModifikasI [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/8092

Irawan, A. (2018). Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke. Societas : Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35724/sjias.v7i01.967

Iyai, Y. E. . (2022). Efektivitas Penyampaian Informasi Melalui Website Oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Nabire Di Masa Pandemi Covid-19 [Institut Pemerintahan Dalam Negeri.]. http://eprints.ipdn.ac.id/8977/

Khoirunisa, S. (2021). Optimalisasi Penggunaan Website Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru[Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://repository.uin-suska.ac.id/50463/

Laitupa, R. S. N. (2023). Evaluasi Website Pemerintah Kabupaten Merauke[Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/15409/

Maulida, D. (2023). Analisis Kualitas Website Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat[Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/15832/

Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia.

Nabilah, A. (2017). Penerapan Website Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat Desa Pulosari Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Publikas: Jurnal Administrasi Negara, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/publika.v5n1.p%25p

Nurrahman, A., Sabaruddin, S., & Salma, R. N. L. (2022). Optimalisasi Aplikasi Ppid Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Publik Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kebumen. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jpkp.v4i2.2878

Oktavya, A. A. (2015). Penerapan (Electronic Government) E-Government Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang. EJournal Ilmu Pemerintahan, 3(3). https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/10/JURNAL AYU fix (10-15-15-02-37-23).pdf

Pradana, F. H. (2022). Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Informasi Publik Di Diskominfo Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara [Institut Pemerintahan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/7986/

Rocha, Á. (2012). Framework for a global quality evaluation of a website. Online Information Review, 36(3). https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/14684521211241404/full/html

Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187

Rohmana, N. L. P., & Pratiwi, R. Z. B. (2020). Media Relationsdinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar Dalam Sosialisasi Program Pemerintah. Academic Journal of Da’wa and Communication, 01(01). https://doi.org/https://doi.org/10.22515/ajdc.v1i1.2400

Salvator, M., & Heremb, N. K. (2023). Efektivitas Penyebaran Informasi Publik Melalui Website oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngada. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33701/jtpm.v3i1.3137

Sosiawan, E. A. (2008). Tantangan Dan Hambatan Dalam Implementasi E-Government Di Indonesia.Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 1(5). http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/760

Sulaiman, A. H., Aryadita, H., & Pinandito, A. (2018). EvaluasiKualitas Layanan Website Pemerintah KotaBatu dengan Metode E-Govqualdan Importance Performance Analysis(IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(2). https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/846/332

Supriyanto, E. E. (2016). Kebijakan Inovasi Teknologi Informasi (IT) Melalui Program Elektronik Goverment dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 141–161. https://doi.org/10.24905/jip.1.1.2016.141-161

Warjiyono, W., & Hellyana, C. M. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK)Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201852666

Diterbitkan
2023-11-30