Implementasi Kebijakan Penyederhanaan Organisasi Di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Abstrak
Penyelenggaraan organisasi pemerintahan memerlukan birokrasi yang ramping dan fleksibel agar dapat memberikan pelayanan publik yang berkuliatas dan tidak kaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Langkah-langkah dalam penyederhanaan organisasi pemerintahan, dan implementasi penyederhanaan struktur organisasi di Kementerian tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif dengan mengumplukan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sesuai tema yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang dilakukan Kementerian meliputi kegiatan penyiapan peraturan dan penataan formasi peta jabatan, serta kegiatan sosialisasi kepada seluruh pegawai di lingkungan kementerian. Pada proses implementasi penyederhanaan struktur organisasi di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, faktor komunikasi jelas, sumber daya memadai, disposisi yang terlaksana dan struktur birokrasi tersedia sehingga menghasilkan penyelenggaraan kebijakan yang terlaksana dengan baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdussamad, Z. (2020). Cakrawala Pelayanan Publik di Negara Dunia Ketiga. CV Sah Media.
Aida, N. R. (2019). Pidato Presiden Jokowi dalam Pelantikan Tekankan Penyederhanaan Eselon. Kompas.comTren. https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/20/172806565/pidato-presiden-jokowi-dalam-pelantikan-tekankan-penyederhanaan-eselon
Andhika, L. R. (2018). Dari Struktur Birokrasi Tradisional ke Model Adhocracy (Struktur Organisasi Inovatif). PUBLISIA (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 3(1), 11–24. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jkpp/article/download/1809/1381
Angriani, D. (2019). Eselon III dan IV KemenPAN RB Dipangkas, Dari 159 Tinggal 3. Politik Dan Hukum, Media Indonesia.
Dewabrata, B. (2020). Pengaruh Leader-Member Exchange terhadap Kepuasan Komunikasi pada karyawan PT Garam (Persero). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 4(1), 56–71. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/niaga/article/view/2886/1381
Edward III, G. C. (1980). Implementing Public Policy. Congressional Quarterly Press.
Hahury, J. F. (2021). Kinerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Melawi. Fokus, 19(1), 47 –53. https://doi.org/https://doi.org/10.51826/fokus.v19i1.477
Imawan, S. (2021). Artificial Intelligence dan Motivasi Pelayanan Publik. Kolom, DetikNews. https://news.detik.com/kolom/d-5858973/artificial-intelligence-dan-motivasi-pelayanan-publik.
Kemendikbud.go.id. (2020). Lantik 632 Pejabat Fungsional, Kemendikbud Hapus Eselon 3 dan 4. Kemendikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/02/lantik-632-pejabat-fungsional-kemendikbud-hapus-eselon-3-dan-4
Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik Di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Otoritas, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.22
Mathew, Miles, B. ., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UI Press.
Nardi, S. (2020). Transformasi Jabatan Jembatan Menuju Penyederhanaan Birokrasi Di Pemda DIY. Biro Organisasi Prov Jateng. https://biroorganisasi.jogjaprov.go.id/v1/transformasi-jabatan-jembatan-menuju-penyederhanaan-birokrasi-di-pemda-diy/
Sari, U. T. (2019). The Effect Of Ethical Leadership On Voice Behavior:The Role Of Mediators Organizationalidentification And Moderating Self-Efficacy Forvoice. Journal Of Leadershipin Organizations, 1(1), 48–66. https://jurnal.ugm.ac.id/leadership/article/download/4/pdf
Subroto, W., Heriyanto, M., & Karneli, O. (2021). Implementasi Kebijakan Pelayananadministrasi Terpadu Kecamatan (Paten). JSDMU: Jurnal Sumber Daya Manusia Unggul, 1(2), 67–73. https://jsdmu.ejournal.unri.ac.id/index.php/JSDMU/article/download/14/10/
Thoha, M. (2003). Birokrasi dan Politik di Indonesia. Raja Grafindo Persada.
Triatmaja, M. F. (2019). Dampak Artificial Intelligence (Ai) Pada Profesi Akuntan. Seminar Nasional Dan The 6th Call for Syariah Paper. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/11422/1.pdf
Wastuhana, Y., & Werdiningsih, R. (2021). Reformasi Birokrasi Era Informasi Teknologi. Jurnal Media Admnistrasi, 3(1), 8–15. http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/MAD/article/download/2711/1671
Weber, M. (1947). The Theory of Social and Economy Organization. William Hodge and Company Limited. https://archive.org/details/in.ernet.dli.2015.189588
Copyright (c) 2022 Irfan Setiawan, Rahmawati Sururama, Ismail Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.